Wabah Virus

Inilah Gejala Covid-19 Varian Delta, Mulai Demam, Mual, Menggigil hingga Kelelahan yang Luar Biasa

Covid-19 Varian Delta memberikan gejala demam, batuk kering, napas pendek, kelelahan yang luar biasa, menggigil atau ketidakmampuan untuk mencium.

shutterstock
Ilustrasi Covid-19 Varian Delta. Dikutip dari corona.jakarta.go.id, Covid-19 Varian Delta (B.1.617.2) merupakan mutasi dari Covid-19 yang telah menyebar (SARS-CoV.2 B.1.617).  

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia disinyalir sebagai dampak dari munculnya mutasi virus corona yang dikenal sebagai Varian Delta atau B.16.17 2 asal India.

Pada awal kemunculannya, virus corona Varian Delta telah menyerang Bangkalan Jawa Timur, dan Kudus Jawa Tengah. Namun Varian yang memiliki sifat lebih menular daripada Varian Alfa asal Inggris ini pun menyerang Ibu Kota.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah menyampaikan, Varian Delta sudah mendominasi kasus Covid-19 di tiga wilayah tersebut.

Akan tetapi, saat ini Varian tersebut juga sudah mengancam wilayah di enam daerah luar pulau Jawa. Hal itu juga dibenarkan Menteri kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, ia mengungkapkan lonjakan yang terjadi saat ini tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Budi menyampaikan, sudah ada pulau-pulau di luar Jawa yang terkontaminasi Varian Delta. Penilaian terkait Varian Delta tersebut diungkapkan oleh Budi berdasarkan penyebaran dan laju peningkatannya yang menyerupai mutasi dari Varian Delta.

 Di sisi lain, terkait gejala yang yang dirasakan dari seseorang yang terpapar virus corona Varian Delta ini, sebelumnya sudah disampaikan pihak Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam hal ini, Dr. Mike Ryan, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, menyebutkan Varian delta menjadi lebih mematikan karena lebih efisien dalam cara penularan antar manusia.

Kemudian, pada akhirnya akan menemukan individu-individu yang rentan yang akan menjadi sakit parah, harus dirawat di rumah sakit dan berpotensi kematian.

Covid-19 Varian Delta

Covid-19 Varian Delta merupakan varian baru dari virus corona.

Covid-19 Varian Delta pertama kali diidentifikasi muncul di India dan memiliki sifat sangat mudah menular dan lebih berbahaya.

Covid-19 Varian Delta menyumbang angka terbesar dengan risiko dirawat di rumah sakit lebih tinggi.

Apa Itu Covid-19 Varian Delta?

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved