Breaking News:

Berita Bangkalan

Ringankan Beban Ponpes saat PPKM Darurat, DPC PKB Bangkalan Serahkan Bantuan Sapi dan Kambing Kurban

Ketua DPC PKB Kabupaten Bangkalan, H Syafiuddin menyerahkan bantuan 6 ekor sapi jantan dan 6 ekor kambing ke sejumlah ponpes.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Ketua DPC PKB Kabupaten Bangkalan, H Syafiuddin menyerahkan bantuan hewan kurban berupa seekor sapi jantan dan seekor kambing kepada pengasuh Ponpes Syaikhona Kholil, Kelurahan Demangan, RKH Fahrillah Aschal, Sabtu (17/7/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Gelombang bentuk keprihatinan di tengah pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat di Kabupaten Bangkalan, Madura, diwujudkan dalam beragam aksi kemanusian.

Aksi kemanusiaan itu mulai dari bantuan paket sembako, pembagian masker dan hand sanitizer, hingga bantuan hewan kurban berupa sapi dan kambing kepada sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Bangkalan.

Seperti yang dilakukan Ketua DPC PKB Kabupaten Bangkalan, H Syafiuddin, dengan menyerahkan bantuan 6 ekor sapi jantan dan 6 ekor kambing ke sejumlah ponpes dalam sepekan terakhir.

Kali ini, PKB menyerahkan seekor sapi dan seekor kambing di Ponpes Syaichona Kholil, Kelurahan Demangan, Sabtu (17/7/2021).

“Kami berupaya memberikan sedikit solusi untuk masyarakat terdampak, termasuk kepada pesantren. Karena kami melihat para kiai di Bangkalan menanggung beban kebutuhan konsumsii para santri di tengah kondisi seperti saat ini,” ungkap H Syafiudin.

Baca juga: BERITA MADURA TERPOPULER HARI INI Kantor IBI Jadi Lokasi Persalinan hingga Angka Kematian di Sampang

Ia menjelaskan, kehadiran PKB melalui bantuan hewan kurban merupakan bentuk respon Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atas kondisi pandemi dan PPKM Darurat Covid-19 di Kabupaten Bangkalan yang belum juga berakhir.hingga menjelang Lebaran Kurban.

“Bahwa kami para kader PKB terutama di jajaran legislatif, baik di DPR Pusat, Propinsi hingga Kabupaten lebih mengedepankan politik kehadiran. Apalagi ini momen menjelang Lebaran Kurban di tengah PPKM Darurat,” ungkap H Syafi.

Sebelum menyerahkan bantuan hewan kurban di Ponpes Syaikhona Kholil, H Syafi hadir untuk menyerahkan sapi dan kambing di Ponpes An-Nurunniyah, Kelurahan Demangan Timur, Ponpes Nurul Kholil, dan Ponpes Manba’us Salam.

Sekedar diketahui, Ponpes Syaikhona Kholil, Kelurahan Demangan memiliki 2.000 lebih santri. Jenjang pendidikan meliputi Madrasah I’dadiyah Metode al-Miftah Lil Ulum (putra), Madrasah I’dadiyah Metode Amtsilati (putri), PDF Wustho/setara SMP (putra), PDF Ulya/setara SMA (putra), MTS al-Ma’arif (putri), SMA Ma’arif (putra/putri), Wajar Dikdas Ula dan Wustho (putra/putri ), Paket C (putra /putri ), Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syaichona Moh Cholil (putra/putri).

Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler meliputi Tahfidz Al-Qur’an, Tahfidz Nadhom Ilmu Gramatika Arab, Kajian Kitab Kuning, Pengembangan Bahasa Asing, hingga Diklat Pendidikan dan Pelatihan.

Kursus-kursus meliputi Kaligrafi, Qiro’atul Qur’an Bittaghanni dan Bittartil, Pidato, Ilmu Astronomi/Falak, Ilmu Kemasyarakatan, Ilmu Zakat, Ilmu Haid dan Istihadhah, Seni Hadrah al-Banjari dan Ishari.

H Syafi dalam kesempatan itu didampingi jajaran pimpinan DPC PKB Bangkalan. Mulai dari Ketua Dewan Syuro KH Mondir Rofii, Ketua Dewan Tanfidz H Farouq Alkomi, dua Wakil Ketua; KH Abdul Kadir Rofii dan H Mahmudi Nazir, Sekretaris DPC Rofik, Ketua Fraksi PKB DPRD Bangkalan, Moh Khotib, dan Sekretaris Dewan Syuro KH Abdul Jalil Talha.

“PKB tidak ingin karena masa pandemi dan PPKM Darurat malah mengganggu keberlangsungan pendidikan para santri, anak-anak kita. Karena kami mendengar para wali santri untuk sementara ini, belum sepenuhnya bisa menjenguk dan mengirim para santri,” pungkas H Syafi yang juga tercatat sebagai Anggota Komisi V Fraksi PKB DPR RI.

Pengasuh Ponpes Syaikhona Kholil, Kelurahan Demangan, Kota Bangkalan, RKH Fahrillah Aschal (Ra Fahri) mengungkapkan, dampak penerapan PPKM Darurat di tengah masa pandemi Covid-19 sangat dirasakan masyarakat termasuk ponpes.

“Kami menyesuaikan dengan kondisi saat ini, jadwal wali santri mengirim kami atur agar tidak terjadi kerumunan. Terima kasih atas bantuan hewan kurban dari PKB, kami berharap ini sekaligus bisa menjadi semacam rokat atau ikhtiar langit di tengah wabah (Covid-19) ini,” singkat Ra Fahri. (edo/ahmad faisol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved