Breaking News:

Berita Malang

Masjid Agung Malang Tak Gelar Salat Idul Adha Berjemaah, Pelaksanaan Salat Terbatas untuk Internal

Pelaksanaan Salat Idul Adha berjamaah dilakukan hanya untuk warga masjid, takmir, maupun karyawan Masjid Agung Malang

Penulis: Mohammad Rifky Edgar | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/M RIFKY EDGAR
Pengumuman Salat Idul Adha di Masjid Agung Malang, Senin (19/7/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Masjid Agung Malang tidak menggelar ibadah Salat Idul Adha berjamaah untuk umum dan tidak melaksanakan pemotongan hewan kurban pada tahun 2021 ini.

Hal ini menindaklanjuti aturan yang telah ditegakkan oleh Kementerian Agama dan surat edaran Wali Kota Malang nomor 41 tahun 2021.

Takmir Masjid Agung Malang, Mahmudi Muchit menyampaikan, pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Agung Malang sebenarnya hanya dilakukan terbatas untuk warga masjid, takmir, maupun karyawan yang sifatnya internal.

Sedangkan pelaksanaan Salat Idul Adha secara bersama-sama dengan masyarakat umum tidak dilakukan pada tahun ini.

"Jadi untuk salat ied nanti hanya internal. Kuota kita hanya sekitar 75 jamaah. Terbatas hanya untuk warga masjid. Jadi untuk umum kita tidak ada," ucapnya, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Panduan Pelaksanaan Salat Idul Adha di Rumah, Dilengkapi dengan Bacaan Niat dan Naskah Khutbah

Selain pelaksanaan Salat Idul Adha, pemotongan hewan kurban juga ditiadakan oleh Masjid Agung Malang.

Pihaknya juga meminta kesadaran masyarakat untuk ibadah di rumahnya masing-masing seperti aturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Mengingat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai dan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang masih berlangsung.

"Kita minta jamaah untuk menyadari itu. Kita beribadah di rumah. Kita berdoa di rumah bersama keluarga inti. Semoga saja wabah ini segera selesai," ucapnya

Takmir Masid Agung Malang juga telah memberikan sosialisasi kepada jamaah dan masyarakat melalui tulisan agar tidak melaksanakan salat ied untuk maupun kurban.

Begitu juga untuk malam takbiran nanti, pihaknya hanya menyuruh lima orang saja untuk takbir yang dilakukan hanya sampai pukul 21.00 WIB.

"Kami mohon maaf karena tidak bisa melaksanakan salat ied untuk umum termasuk kurban," ucap dia.

"Begitu juga takbiran, Kita gelar hanya lima orang pilihan yang sudah kita antisipasi melalui radio, setelah itu pukul 21:00 WIB selesai," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved