Breaking News:

Kumpulan Doa

Amalan Hari Tasyrik 11,12,13 Dzulhijjah: Perbanyak Dzikir dan Doa, Silaturahmi dan Tingkatkan Takwa

Pada hari Tasyrik, umat muslim dilarang untuk berpuasa karena hari Tasyrik menjadi waktu untuk makan dan minum menikmati hasil kurban.

Editor: Elma Gloria Stevani
PIXABAY/suhailsuri
ILUSTRASI - Hari Tasyrik tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah usai Idul Adha adalah hari di mana umat Muslim dilarang untuk berpuasa. Berikut amalan dan larangannya. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Hari Tasyrik menjadi hari raya umat islam setelah menjalankan Idul Adha yaitu hari ke 11, 12, 13 pada bulan Dzulhijjah berdasarkan kalender islam.

Nah pada hari Tasyrik, umat muslim dilarang untuk berpuasa karena hari Tasyrik menjadi waktu untuk makan dan minum menikmati hasil kurban.

Hal ini tertulis dalam sebuah hadist dari Nubaisyah Al Hudzali, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

“Hari- hari Tasyrik adalah hari makan dan minum.” (HR. Muslim no. 1141)

Dalam 3 hari itu, umat muslim dianjurkan untuk menikmati berbagai olahan daging kurban bersama dengan umat muslim lainnya, sehingga haram hukumnya untuk berpuasa.

Lantas ibadah atau amalan apa yang bisa dilakukan saat hari Tasyrik?

Menurut Ustaz M Hasbullah Agus Sumarno selaku Penyuluh Agama Islam Kemenag Surakarta, hari Tasyrik menjadi hari peringatan keteladanan para Nabi.

"Di mana hari ini merupakan jejak kehidupan pada Nabi dan sekaligus kita ittiba' rasul," ujar Ustaz Hasbullah dalam program Tanya Ustaz pada kanal YouTube Tribunnews.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved