Breaking News:

Wabah Virus Corona

Simak Gejala Long Covid, Penderita Merasakan Kelelahan Usai Beraktivitas hingga Gangguan Pencernaan

Inilah gejala bila terkena long covid. Penderita merasakan gangguan pencernaan, gangguan pendengaran, terus merasakan kelelahan setelah beraktivitas.

Editor: Elma Gloria Stevani
pixabay
Ilustrasi isolasi mandiri. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Munculnya fenomena long Covid-19 ini merupakan suatu gejala Covid-19 yang dirasakan secara jangka panjang, dan dialami pasien beberapa bulan setelah infeksi atau saat masa pemulihan.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah menyampaikan bahwa gejala tersebut secara umum menimbulkan efek kelelahan, kesulitan bernapas, batuk, sakit sendi dan sakit dada.

Kemudian gejala lainnya adalah sulit konsentrasi, depresi, sakit pada jaringan otot, sakit kepala, jantung berdebar, gatal, rambut rontok, indera penciuman, dan perasa terganggu.

Dalam hal ini, Satgas Covid-19 mengungkapkan long Covid-19 dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi penyintas, atau yang telah sembuh dari Covid-19 berusia muda dan tanpa riwayat komorbid.

Long Covid-19 adalah gejala sakit berkepanjangan yang diderita setelah tes Covid-19 menunjukkan hasil negatif.

Penderita ‘long covid’ tidak akan menularkan Covid-19 kepada mereka yang berada di sekitarnya.

Gejala lain yang mungkin ditemui adalah kesulitan berpikir dan berkonsentrasi atau sering disebut brain fog, depresi, sakit pada otot, sakit kepala, demam dan jantung berdebar

Terkait masalah-masalah tersebut juga mempengaruhi sistem organ tubuh yang berbeda, yakni terjadi pembengkakan otot jantung, masalah fungsi pada paru-paru.

Dalam sejumlah kasus infeksi Covid-19, ada pasien yang masih mengalami gejala terpapar virus corona meski telah melewati masa pemulihan selama 14-21 hari.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved