Breaking News:

Wabah Virus Corona

Konsumsi Suplemen Vitamin C dan D untuk Hindari Covid? Dokter Spesialis Gizi Bicara Dosis Optimal

Dokter Spesialis Gizi RS Moewardi, dr. Amelya Augusthina Ayusari, menyebut tambahan suplemen vitamin C dan D memang dibutuhkan bagi pasien Covid-19.

Editor: Elma Gloria Stevani
Photo Mix/pixabay
Ilustrasi jeruk sebagai sumber Vitamin C. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, manusia perlu mencukupi kebutuhan setidaknya dua jenis vitamin, yakni vitamin C dan D.

Dilansir TribunMadura.com dari Health, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases Anthony Fauci mengungkapkan, vitamin D memiliki fungsi penting dalam menjaga sistem imun di masa pandemi Covdi-19 seperti saat ini.

"Jika kamu kekurangan vitamin D, maka berdampak pada kerentanan terhadap infeksi. Saya tidak keberatan merekomendasikan konsumsi suplemen vitamin D," ungkap Anthony.

Peneliti senior di Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh A. Adalja mengatakan, ada bukti vitamin D memang membantu melawan infeksi pernapasan.

Vitamin D larut dalam lemak dan secara alami ada dalam beberapa makanan, seperti ikan berlemak, hati sapi, keju, dan kuning telur, menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements (NIH).

Vitamin ini diproduksi di dalam tubuh ketika sinar UV dari matahari mengenai kulit dan memicu apa yang dikenal sebagai sintesis vitamin D.

Dalam tubuh, vitamin D dapat melakukan banyak hal termasuk memperkuat tulang, mengurangi peradangan, dan membantu fungsi kekebalan.

Inilah alasan utama vitamin D dapat bermanfaat sebagai suplemen, menurut Dr. Adalja.

Terkait fungsi kekebalan, satu tinjauan sistematis dan meta-analisis data dari 11.321 orang dalam BMJ menemukan, orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D mingguan atau harian, lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan infeksi saluran pernapasan dibandingkan mereka yang tidak.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved