Breaking News:

Wabah Virus Corona

4 Ciri-ciri Tubuh Tertular Covid-19 Varian Delta, Waspada Gejala Pilek, Bersin dan Sakit Tenggorokan

Ciri-ciri tubuh tertular Covid-19 varian Delta memberikan sejumlah gejala infeksi yang sedikit berbeda dengan gejala virus corona pada umumnya.

Editor: Elma Gloria Stevani
tribunnews
Ilustrasi Virus Corona Varian Delta - Gejala baru virus corona varian delta, jika alami tanda-tanda harus segera dirawat di rumah sakit. 

TRIBUNMADURA.COM -  Ciri-ciri tertular Covid-19 varian Delta memberikan sejumlah gejala infeksi yang sedikit berbeda dengan gejala virus corona pada umumnya.

Delta merupakan salah satu varian baru Covid-19 yang telah masuk ke Indonesia dan memiliki ciri-ciri gejala tertular yang tak biasa.

Varian Delta tersebut sudah menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah.

Varian baru Covid-19 ini memiliki nama lain B.1.617.2 dan ditemukan pertama kali di India, Oktober 2020.

Berikut beberapa fakta mengenai Varian Delta tersebut:

  1. Memiliki tingkat penularan 43 hingga 90 persen lebih tinggi
  2. Telah ditemukan di 74 negara (dari data 14 Juni 2021)
  3. Varian ini masih dapat terdeteksi oleh pemeriksaan PCR
  4. Menurunkan efikasi bagi beberapa vaksin Covid-19 dengan satu dosis
  5. Kasus pertama varian Delta ditemukan pertama kali pada 3 Mei 2021

Sementara itu, dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Varian Delta meningkat setelah adanya transmisi antar manusia, hal tersebut terlihat dari melonjaknya kasus di India dan di Kudus beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Peneliti WGS SARS CoV-2, FK-KMK Universitas Gadjah Mada mengungkapkan jika varian Delta berhubungan dengan usia pasien, semakin tua pasien Covid-19, maka varian baru ini akan semakin memperburuk kekebalan tubuhnya.

Pada Mei 2021, World Health Organization (WHO) juga menegaskan bahwa Varian Delta atau B.1.617.2 yang sebelumnya berstatus varian of interest (VOI) kini berstatus varian of concern (VOC).

Status tersebut berarti varian baru Covid-19 ini termasuk dalam jenis virus corona yang mengkhawatirkan, karena lebih mudah menularkan virus.

Pada pasien di India, gejala varian Delta ini yaitu mulai dari riangan seperti mual hingga gejala berart seperti pembekuan darah.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved