Breaking News:

Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Targetkan Herd Immunity pada Agustus 2021, Siap Suntik Sejuta Dosis dalam Sebulan

Pemkot Surabaya menargetkan herd immunity pada Agustus mendatang. Capaian vaksin Covid-19 di Kota Pahlawan nyaris menyentuh 60 persen penduduk.

Penulis: Bobby Koloway | Editor: Elma Gloria Stevani
TribunMadura.com/Bobby Koloway
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, saat vaksinasi di Surabaya, Kamis (29/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com Network, Bobby Koloway

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya menargetkan dapat mencapai herd immunity (kekebalan kolektif) pada Agustus. Memenuhi target tersebut, Pemkot menargetkan dapat memberikan sejuta dosis vaksin dalam sebulan ke depan. 

Hingga saat ini, capaian vaksin Covid-19 di Kota Pahlawan nyaris menyentuh 60 persen penduduk. Masih ada sekitar satu juta penduduk Surabaya yang belum menerima vaksin. 

"Kami targetkan sejuta dosis (vaksin) dalam satu bulan. Sehingga, bulan depan seluruh masyarakat Surabaya bisa menerima vaksin," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Kamis (29/7/2021). 

Untuk mencapai target tersebut, Pemkot Surabaya menghadapi masalah ketersediaan stok. Saat ini, Surabaya sedang menunggu ketersediaan vaksin dari Pemerintah Provinsi dan instansi terkait. 

"Kami mendengar, sudah ada stok 800 ribu dosis di Jatim. (Penyaluran) Ini akan dibagikan kepada pemerintah provinsi bersama kabupaten/kota, TNI, dan Polri," kata Cak Eri. 

"Surabaya dapat berapa? Kami masih menunggu dari (pemerintah provinsi)," lanjut mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini. 

Selain menunggu ketersediaan vaksin di provinsi, Cak Eri juga berkoordinasi dengan instansi lain. Termasuk, Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya yang disebut akan menyiapkan stok vaksin kepada Kota Surabaya

"Tadi Pak Pangdam (Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto) menyampaikan, ada jatah sekitar 900 ribu - hampir 1 juta yang ada di Kota Surabaya," ungkap Cak Eri. 

Mendengar hal tersebut, Cak Eri gembira. Pihaknya memastikan memiliki tenaga kesehatan yang cukup untuk membantu menyalurkan stok vaksin tersebut dalam sebulan ke depan. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved