Breaking News:

Apakah Bulu Kucing Bisa Sebabkan Wanita Mandul? Simak Penjelasan Gejala dan Penyebab Toksoplasmosis

Benarkah bulu kucing berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit toksoplasma? Simak penjelesan gejala dan penyebabnya!

Editor: Elma Gloria Stevani
unsplash.com
Ilustrasi kucing - Kotoran atau feses kucing mengandung oosit toksoplasma. Apabila kucing dibiarkan berkeliaran diluar rumah, oosit toksoplasma tersebut dapat mengkontaminasi litter-box atau tanah dan lingkungan. 

TRIBUNMADURA.COM - Menjaga kebersihan hewan peliharaan sangatlah penting, termasuk memastikan bulu kucing yang dirawat di rumah tidak menyebar ke mana-kemana.

Benarkah bulu kucing berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit toksoplasma?

Selama ini, banyak anggapan yang menghubungkan kucing dengan penyakit tersebut.

Toksoplasma merupakan penyakit yang disebabkan oleh T. gondii, parasit bersel tunggal yang menginfeksi sebagian besar spesies makhluk hidup berdarah panas, misalnya kucing, babi, domba, dan manusia.

Area yang rentan terinfeksi penyakit toksoplasma adalah area dengan iklim yang panas, lembab, dan berada pada dataran rendah.

Penyakit toksoplasma dapat menyebabkan kemandulan pada manusia, terutama wanita. Faktanya, banyak orang Indonesia yang percaya bahwa penyakit toksoplasma disebabkan oleh bulu kucing.

Namun, menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo), informasi tersebut tidak benar. Kominfo menyatakan bahwa kucing memang berpotensi menyebarkan toksoplasma, tetapi bukan melalui bulunya, melainkan kotorannya.

Kotoran atau feses kucing mengandung oosit toksoplasma. Apabila kucing dibiarkan berkeliaran diluar rumah, oosit toksoplasma tersebut dapat mengkontaminasi litter-box atau tanah dan lingkungan.

Selain kotoran kucing, penyakit toksoplasma dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya sayuran mentah dan buah-buahan segar yang tidak dicuci dengan bersih, konsumsi makanan dan minuman yang disajikan tanpa tutup, serta makan jaringan hewan seperti otak, hati, jantung, dan usus dari hewan yang terinfeksi.

Oleh karena itu, kucing yang memakan daging menah, rawan akan infeksi toksoplasma.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved