Breaking News:

Wabah Virus Corona

Hasil Riset Ungkap Diare dan Kehilangan Nafsu Makan Bisa Menjadi Gejala Utama Terinfeksi Covid-19

Baru-baru ini para ilmuwan menjelaskan mengenai gejala Covid-19 yang bisa ditandai dengan diare dan kehilangan nafsu makan.

Editor: Elma Gloria Stevani
shutterstock
Ilustrasi diare. Dibandingkan dengan pasien tanpa gejala pencernaan, mereka yang mengalami gejala pencernaan memiliki waktu lebih lama dan prognosis yang lebih buruk dalam kasus virus corona. 

TRIBUNMADURA.COM - Semua orang hampir di seluruh dunia pastinya sudah mengetahui bagaimana gejala awal terinfeksinya virus corona.

Namun, ada juga yang tidak memiliki gejala namun berpotensi positif Covid-19.

Baru-baru ini para ilmuwan menjelaskan mengenai gejala Covid-19 yang bisa ditandai dengan diare dan kehilangan nafsu makan.

Dikutip TribunMadura.com dari laman Dairymail, sebuah penelitian terhadap 204 pasien di Wuhan telah pergi ke rumah sakit dengan masalah pencernaan sebagai penyakit utama mereka.

Mayoritas orang-orang ini tidak memiliki penyakit pencernaan yang mendasarinya.

Kehilangan nafsu makan (83 persen) dan diare (29 persen) adalah gejala utama bagi pasien yang mengalami masalah pencernaan. 

Masalah pencernaan lainnya yang dilaporkan termasuk muntah (0,8 persen) dan sakit perut (0,4 persen).

Sebagian besar pasien juga mengalami masalah pernapasan seperti batuk kering yang menetap atau kesulitan bernapas serta masalah pencernaan, tetapi tujuan pasien dalam penelitian ini hanya menunjukkan gejala pencernaan.

Penelitian ini mempelajari 107 pria dan 94 wanita dengan usia rata-rata 55 tahun yang semuanya dinyatakan positif Covid-19.

99 orang di antaranya memiliki gejala pencernaan dan 92 diantaranya juga menderita masalah pernapasan akibat infeksi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved