Breaking News:

Wabah Virus Corona

Studi Baru Para Peneliti Inggris: Gejala Awal Covid-19 Berbeda Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Sebuah studi baru para peneliti Inggris melaporkan gejala awal Covid-19 berbeda antara kelompok umur dan juga jenis kelamin antara pria dan wanita.

Editor: Elma Gloria Stevani
Designed by Freepik
Sebuah studi baru dari para peneliti Inggris melaporkan bahwa gejala awal Covid-19 bisa berbeda berdasarkan kriteria ini. 

TRIBUNMADURA.COM -  Sebuah studi baru dari para peneliti di Inggris melaporkan gejala awal Covid-19 bisa berbeda antara kelompok umur dan juga jenis kelamin antara pria dan wanita.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan 30 Juli lalu di jurnal The Lancet Digital Health.

Studi yang dipimpin oleh para peneliti dari King's College London, Inggris, menganalisis data dari aplikasi ZOE COVID Symptom Study antara 20 April hingga 15 Oktober 2020, dilansir dari Science Daily, Selasa (3/8/2021).

Para peserta pengguna aplikasi ini diundang untuk dites segera setelah mereka melaporkan gejala baru.

Hal ini berkat inisiatif bersama dengan Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial.

Para peneliti selanjutnya memodelkan gejala-gejala awal Covid-19 dan berhasil mendeteksi 80 persen kasus saat menggunakan aplikasi laporan gejala yang dilaporkan sendiri selama tiga hari.

Dengan menggunakan kriteria diagnostik National Health Service UK saat ini, para peneliti membandingkan kemampuan untuk memprediksi gejala awal Covid-19.

Selain itu, mereka menggunakan model Hierarchical Gaussian Process, yakni sejenis mesin pembelajaran yang mendukung studi untuk menunjukkan gejala awal Covid-19 yang berbeda di antara kelompok usia dan jenis kelamin.

Model pembelajaran mesin ini mampu menggabungkan beberapa karakteristik tentang orang yang positif Covid-19, seperti usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan, serta menunjukkan perbedaan gejala awal Covid-19 yang dialami pasien dari berbagai kelompok.

Peneliti menemukan ada 18 gejala Covid-19 yang diperiksa, yang memeliki relevansi berbeda untuk deteksi dini pada kelompok yang berbeda.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved