Elektabilitas Tokoh Politik di Pilpres 2024 Didominasi Kepala Daerah Hingga Menteri, ini Daftarnya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno adalah dua di antaranya.

Editor: Aqwamit Torik
istimewa dan Kompas.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menparekraf, Sandiaga Uno 

TRIBUNMADURA.COM - Elektabilitas tokoh politik yang digadang maju di Pilpres 2024 kini semakin terlihat.

Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis elektabilitas para tokoh tersebut.

Ternyata, jajaran Kepala Daerah hingga Menteri ternyata yang mendominasi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno adalah dua di antaranya.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan, responden diberi pertanyaan, jika pemilihan presiden dilakukan saat ini.

Baca juga: Survei Charta Politika Indonesia: Ganjar Pranowo Tertinggi, Prabowo Ketiga, Puan Maharani?

Survei tersebut dilakukan dengan simulasi 5 nama yang akan menjadi calon presiden.

Survei menunjukkan, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di urutan pertama dengan presentase 23,3 persen.

Sementara di urutan kedua ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 19,8 persen, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di urutan ketiga dengan presentase 19,6 persen.

"Pada pertanyaan elektabilitas dengan pengerucutan 5 nama, Ganjar Pranowo masih berada pada pilihan teratas, sementara Anies Baswedan mengungguli Prabwo," kata Yunarto.

Selain tiga nama tersebut, urutan elektabilitas calon presiden pilihan masyarakat lainnya yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Sandiaga Salahuddin Uno dengan presentase 8,4 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 8,2 persen.

Kegiatan survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel 1.200 responden dipilih secara acak dengan menggonakan metode penarikan sampel acak bertingkat.

Margin of error sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada periode 12-20 Juli 2021. Kriteria responden warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun atau telah memenuhi syarat pemilih.

Ganjar jadi yang tertinggi

Survei terbaru terkait elektabilitas tokoh dan pejabat politik di Indonesia dirilis Lembaga Survei Indonesia Charta Politika Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved