Breaking News:

Wabah Virus Marburg

Apa Itu Virus Marburg yang Muncul di Afrika? Simak Gejala Ringan & Berat yang Timbul Jika Terinfeksi

Afrika kembali mengalami munculnya virus Marburg. Lantas apa itu virus Marburg dan bagaimana gejala yang timbul jika terinfeksi?

Editor: Elma Gloria Stevani
PIXABAY/geralt
Ilustrasi Virus Marburg - Kenali virus Marburg yang muncul di Afrika belum lama ini dan gejala yang timbul jika terinfeksi. 

TRIBUNMADURA.COM - Virus Covid-19 masih menjadi pandemi di seluruh dunia, kini di Afrika kembali mengalami munculnya virus Marburg.

Lantas apa itu virus Marburg dan bagaimana gejala yang timbul jika terinfeksi?

Perlu diketahui bahwa virus Marburg bukanlah virus baru atau varian virus Covid-19. Virus ini pertama kali ditemukan pada 1967. 

Dua wabah besar pernah terjadi secara bersamaan di Marburg dan Frankfurt di Jerman, serta di Beograd, Serbia, pada tahun 1967.

Mengutip dari who.int, wabah ini ada kaitannya terkait dengan pekerjaan laboratorium menggunakan monyet hijau Afrika (Cercopithecus aethiops) yang diimpor dari Uganda.

Saat itu, wabah demam berdarah terjadi secara bersamaan di laboratorium di Marburg dan Frankfurt, Jerman dan di Beograd, Yugoslavia (sekarang Serbia).

Sebanyak 31 orang jatuh sakit dan tujuh orang dilaporkan meninggal.

Awalnya hanya menyerang pekerja laboratorium, kemudian diikuti oleh beberapa tenaga medis dan anggota keluarga yang merawat mereka.

Orang pertama yang terinfeksi telah terpapar monyet hijau Afrika yang diimpor atau jaringannya saat melakukan penelitian.

Satu kasus tambahan didiagnosis secara retrospektif.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved