Breaking News:

Wabah Virus Corona

Bedakan Antara Nyeri Otot Biasa dengan Gejala Covid-19, Tetap Waspada Tetapi Jangan Terlalu Khawatir

Nyeri otot dapat menjadi gejala Covid-19. Lantas, bagaimana membedakan nyeri otot karena Covid-19 atau kondisi lain?

Editor: Elma Gloria Stevani
Tridsanu Thopet
Nyeri otot dapat dikatakan sebagai gejala Covid-19, namun lebih jarang ditemukan pada pasien dibandingan dengan gejala yang lainnya. 

TRIBUNMADURA.COM - Nyeri otot atau mialgia dapat menjadi gejala dari berbagai kondisi, salah satunya adalah Covid-19. Lantas, bagaimana membedakan nyeri otot karena Covid-19 atau kondisi lain?

Nyeri otot akibat Covid-19 diyakini sebagai akibat dari efek molekul inflamasi yang dilepaskan oleh sel imun sebagai respons terhadap virus.

Nyeri otot bukanlah salah satu gejala Covid-19 yang umum. Sebuah laporan dari awal pandemi meninjau gejala Covid-19 pada 55.924 orang dan menemukan hanya 14,8 persen orang mengalami nyeri otot.

Gejala Covid-19 dapat bervariasi pada setiap individu, umumnya terdapat tiga gejala yang paling sering dilaporkan seperti demam, kelelahan, dan batuk.

Adapun gejala Covid-19 lainnya yang biasanya dilaporkan meliputi sesak napas, panas dingin sakit kepala, hidung meler atau tersumbat, sakit tenggorokan, kehilangan bau dan rasa, serta gejala pencernaan.

Gejala Covid-19 biasanya muncul secara bertahap, sekitar 2 hingga 14 hari setelah terpapar virus corona. Sedangkan kapan nyeri otot dimulai selama infeksi Covid-19 dapat bervariasi pada setiap orang.

Studi tahun 2020 memperkirakan bahwa nyeri otot dapat terjadi setelah demam dan batuk, tetapi sekitar waktu yang sama dengan sakit kepala atau sakit tenggorokan.

Masyarakat perlu mengetahui apa saja gejala Covid-19 pada tubuh dan penting untuk membedakan sakit biasa dengan gejala dari virus corona

Lima gejala tersebut adalah tubuh menggigil, sakit kepala, sakit tenggorokan, kehilangan indra penciuman, dan nyeri otot.

Pada umumnya, nyeri otot bisa terjadi pada siapa saja mulai dari remaja hingga lansia. Salah satu penyebab dari nyeri otot ini adalah kelelahan akibat olahraga ataupun aktivitas yang berat.

Halaman
123
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved