Breaking News:

Kumpulan Doa

7 Amalan Sebelum Tidur yang Dicontohkan Rasulullah SAW, Termasuk Bersihkan Tempat Tidur hingga Wudhu

Dari bangun tidur hingga tidur kembali seharusnya setiap muslim tidak luput dari setiap amalan yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Shutterstock
Tidur merupakan suatu kebutuhan dan harus dilakukan oleh setiap orang, bahkan Allah menjadikan tidur sebagai waktu untuk beristirahat, berdasarkan firman Allah dalam QS. Al-Furqon ayat 47. 

TRIBUNMADURA.COM - Amalan sunnah merupakan kegiatan yang bisa dilakukan sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Kenapa harus dilakukan? Karena amalan baik bisa menjadi ladang pahala serta menjadi sarana untuk menambah keimanan dan ketentraman hati.

Dari bangun tidur hingga tidur kembali seharusnya setiap muslim tidak luput dari setiap amalan yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Tidur merupakan suatu kebutuhan dan harus dilakukan oleh setiap orang, bahkan Allah menjadikan tidur sebagai waktu untuk beristirahat, berdasarkan firman Allah dalam QS. Al-Furqon ayat 47.

وَهُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَـكُمُ الَّيْلَ لِبَا سًا وَّا لنَّوْمَ سُبَا تًا وَّجَعَلَ النَّهَا رَ نُشُوْرًا

"Dan Dialah yang menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangkit berusaha."

Untuk diketahui, tidur merupakan rahmat dari Allah SWT kepada makhluknya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

وَمِنْ ءَايَاتِهِ مَنَامُكُم بِالَّليْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لأَيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu diwaktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan”. [Ar Rum: 23]

وَمِن رَّحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur”. [Al Qashahs: 73].
Senja
Senja (Bright Side)

Maka berdasarkan konsekwensi dari kesempurnaan hikmahNya, Ia menjadikan seluruh aktivitas makhluk berhenti pada suatu waktu (yakni pada malam hari) agar mereka beristirahat pada waktu tersebut, dan kemudian mereka berpencar pada waktu yang lain (yakni pada siang hari) untuk berusaha mendapatkan kemashlatan dunia dan akhirat.

Aa Gym mengingatkan bahwa dalam Islam pun diajarkan tidur dengan cara sehat sesuai ajaran Rasulullah SAW.

"Tidur pun harus dipersiapkan karena kita bisa bangun lagi atau kita tidak bisa bangun untuk selama-lamanya," tutur Aa Gym dalam akun Youtubenya.

1. Tidur tidak terlalu malam

Ilustrasi.
Ilustrasi. (cheatsheet.com)

Rasulullah SAW tidak menyukai seseorang yang tidur larut malam. Cepatlah tidur dan cepatlah bangun untuk beribadah.

Hal ini diriwayatkan oleh Abu Barzah Radyallahu Anhu  

Bahwasanya Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam membenci tidur malam sebelum (shalat isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya. (HR Bukhori dan muslim)

Jadi tidak ada istilah begadang dalam Islam, lanjut Aa Gym. Walaupun sepertinya kita akan melakukan hal-hal yang baik tetapi kalau itu menguras waktu dan tenaga kita sehingga merusak istirahat dan ibadah malam kita maka tidurlah lebih awal lebih utama.

2. Berwudhu 

Rasulullah SAW  bersabda apabila engkau hendak mendatangi pembaringan atau tidur maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhu mu untuk melakukan salat (HR Bukhari dan Muslim)

"Dengan berwudhu jelas tubuh akan lebih bersih dan lebih nikmat karena lebih mudah untuk bisa ibadah dengan keadaan suci. Dan kalau pun kita bermimpi maka orang yang bermimpi dalam keadaan bersuci, itu beda mimpinya," jelas Aa Gym.

"Insya Allah mendapat Al Mubasyiro, mimpi yang benar. Dan andaipun kita ditakdirkan meninggal, mudah-mudahan dalam keadaan bersuci meninggal kita lebih baik," tutur Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid ini. 

3. Bersihkan tempat tidur 

Rasulullah SAW suka membersihkan tempat tidurnya. Menganjurkan untuk mengambil kain dan menepuk sebagaimana sabda Beliau:

"jika salah seorang diantara kalian akan tidur hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan bismillah karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi." (HR Bukhari dan Muslim)

"Memang kita tidak tahu apa yang terjadi sebelum kita datang ke tempat tidur. luar biasa bukan," tutur Aa Gym.

4. Matikan lampu

Ilustrasi.
Ilustrasi. (Thinkstockphotos via Kompas.com)

Rasulullah SAW mengatakan agar mematikan lampu dan mengunci pintu, menutup bejana, mengamankan makanan-makanan seperti yang disabdakan berikut ini:

"Matikanlah lampu lampu kalian jika kalian hendak tidur dan tutuplah pintu pintu serta tutuplah bejana serta wadah-wadah makan dan minum kalian." - HR Bukhari

Dan ini sangat sesuai dengan ilmu kedokteran. Andaikata dibuka bagaimana kajian ilmiah tidur dalam gelap Masyaallah itu sangat baik untuk keadaan tubuh kita.

"Sangat baik untuk keadaan lahir batin kita. Lebih menenangkan dan lebih menyehatkan," jelas Aa Gym.

Dan menutup makanan agar aman. Masyaallah. Sempurna aturan Islam bahkan sebelum tidur. 

5. Doa 

Berdoalah sebelum tidur. Biasanya kita akan berdoa 

"Bismika Allahuma ahyaa wa bismika wa amuut" yang artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.

Dianjutkan juga membaca ayat kursi seperti sabda Nabi Muhammad SAW: barang siapa membaca ayat kursi ketika akan tidur maka Allah senantiasa menjaganya dan tidak akan didekati setan sampai subuh (HR Bukhari)

Dengan fadhilahnya kita akan terlindungi dan ayat-ayat terakhir surat Al Baqarah (284-286). 

Juga dianjurkan membaca Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas, tentu bukan dibaca judulnya saja ya, tetap keseluruhan surat. 

"Setelah itu ditiupkan ke tangan, diusapkan ke seluruh tubuh dan sampai kaki. Sebanyak tiga kali,  Masyaallah ini akan mendatangkan perlindungan," tutur Aa Gym.

Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ketika sedang tidur. Dan Allah Maha Tahu kita tidak berdaya dalam menghadapi apapun kalau sedang pulas. Tapi Allah Maha Kuasa atas segalanya.

Kalau Allah janji akan melindungi kita karena mengamalkan sunnah Nabi, insyaallah tidur kita sangat aman. maka itu jangan tinggal doa yang sudah diajarkan Rasulullah.

6. Berbaring menghadap ke kanan

Ilustrasi tidur menghadap ke kanan.
Ilustrasi tidur menghadap ke kanan. (Mirror)

Seperti sabda Rasulullah SAW: "berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu" (HR Bukhari dan Muslim)

Jangan tengkurap karena tidak baik untuk kesehatan dan Rasulullah pun melarangnya.

"Sesungguhnya posisi tidur tengkurap itu adalah posisi tidur yang dimurkai oleh Allah azza wa jalla ( HR Bukhari dan Muslim)

Dengan berbaring sebelah kanan jantung kita lebih aman, tidak tertekan dan banyak lagi keutamaan yang didapatkan dalam kondisi tidur menghadap ke kanan.

7. Mengakhiri doa 

Ini adalah doa yang utama yang harus kita hapalkan dan pahami karena doa ini kalau kita jalankan dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan akan mengantarkan husnul khotimah.

Allahumma Aslamtu nafsiy ilayka wa fawwadhtu amri Ilayka wa wajjahtu wajhiya ilaulyika wa aljaatu Zhohrii ailayka Astaghfiruka wa Attuubu Ilayka Aamantubikitabika Alladzii Anzalta Wabinabiyyikalladziii Arsalta

Ya Allah aku menyerahkan diriku kepada Mu aku serahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajah ku kepadaMu dan aku sandarkan punggungku kepadaMu karena mengharap dan takut kepadaMu

Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari ancaman musuh kecuali kepada-Mu, aku memohon ampunanMu dan dan aku bertaubat kepada- Mu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus (HR Bukhari dan Muslim).

"Sahabatku sekalian selamat menikmati menjelang tidur dengan penuh rasa syukur atas nikmat-nikmat Allah yang Allah berikan. Selamat menikmati menjelang istirahat dengan taubat dan dosa-dosa yang sengaja tidak sengaja yang kita lakukan sepanjang hari.

"Selamat menikmati istirahat yag kalau kita bangun lagi untuk shalat malam insyaallah lebih berkah. Andaipun ajal kita datang mudah-mudahan husnul khotimah. Bahagia, mulia, selamat dunia akhirat bersama sunnah Rasulullah SAW," pungkas Aa Gym. 

Simak artikel lain terkait kumpulan doa

Simak artikel lain terkait bacaan doa

Simak artikel lain terkait doa

FOLLOW JUGA:

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Aa Gym Jelaskan 7 Sunnah yang Diajarkan Rasulullah SAW Sebelum Tidur Malam

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved