Breaking News:

Wabah Virus Corona

Hidung Tersumbat? Jangan Sampai Salah Penanganan, Kenali Perbedaan Gejala Covid-19 dengan Sinusitis

Baik sinusitis maupun Covid-19, keduanya dapat disertai dengan demam, sakit kepala, dan kelelahan. Apa kunci pembeda antara gejala sinus dan Covid-19?

PEXELS/Andrea Piacquadio
Ilustrasi orang yang mengalami sinusitis atau Covid-19. 

TRIBUNMADURA.COM - Gejala yang ditimbulkan dari virus Covid-19 makin hari makin berkembang.

Tak lagi hanya sebatas sesak atau batuk, kini diare, badan pegal-pegal, bahkan munculnya ruam di tubuh juga bisa menjadi gelaja Covid-19.

Parahnya lagi, banyak sekali penyakit yang memiliki gejala umum mirip dengan infeksi corona virus, misalnya saja sinusitis.

Sering juga disebut dengan rhinosinusitis, penyakit ini merupakan pembengkakan atau peradangan di dalam rongga hidung. Penyebab utamanya adalah virus, namun bisa juga dipicu oleh bakteri.

Seperti dirangkum TribunMadura.com dari berbagai sumber, gejala umum sinus adalah hidung tersumbat, keluarnya ingus dengan warna kekuningan atau kehijauan, adanya rasa sakit pada gigi, dan juga ada rasa nyeri di area hidung.

Selain itu, sinus sering juga disertai dengan demam, batu, kelelahan, kehilangan penciuman, dan sakit kepala. Sangat mirip kan, dengan gejala infeksi corona virus kebanyakan?

Lalu apa kunci pembeda antara gejala sinus dan Covid-19?

Sinus adalah rongga yang terletak di tengkorak dan tulang wajah sekitar hidung, yang merupakan bagian dari sistem pernapasan.

Udara yang dihirup melalui hidung dan mulut akan masuk melewati sinus.

Beberapa orang sering mengalami masalah pembengkakan atau infeksi pada sinus, yang disebut juga dengan sinusitis.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved