Berita Pamekasan

Kolaborasi UNIBA Madura dengan BUMDes Mutiara Saghara, Kembangkan Eduwisata Garam & Pengolahan Garam

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mutiara Saghara menggelar pelatihan administrasi di Balai Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura

TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Suasana saat pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mutiara Saghara, mendengarkan pemaparan dari pemateri di Balai Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mutiara Saghara menggelar pelatihan administrasi di Balai Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Pelatihan Administrasi ini bekerjasama dengan badan riset dan inovasi nasional (BRIN) dan termasuk dalam program desa berinovasi.

Ketua Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Ach. Zuhri menjelaskan, konsep triple helix menjadi poin utama dalam program ini membuat BUMDes Mutiara Saghara bekerja sama dengan UNIBA Madura.

Kata dia, UNIBA Madura bertanggung jawab untuk mendampingi, membimbing, dan melatih pengelola BUMDes Mutiara Saghara mulai dari proses penyusunan proposal, pengajuan, pelaksanaan, hingga pelaporan kegiatan.

Sekaligus, UNIBA Madura akan membantu mengembangkan Eduwisata Garam yang dikelola oleh BUMDes Mutiara Saghara yakni garam layak konsumsi agar lebih menarik.

Nantinya, produksi garam layak konsumsi ini diharapkan menjadi tambahan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Bunder.

"Kerjasama program ini didukung oleh DPMD Pamekasan dalam bentuk pendampingan, sekaligus mensupport kebutuhan BUMDes Mutiara Saghara," kata Ach. Zuhri kepada TribunMadura.com, Senin (23/8/2021).

Menurut Dosen yang juga menjabat Koordinator Pelaksana Program Desa Berinovasi ini, dari sisi dunia usaha dan dunia industri, BUMDes Mutiara Saghara bermaksud mengajak kerja sama dengan PT. Garam dalam bentuk sharing ilmu dan perizinan lainnya.

Program desa berinovasi ini sudah dilaksanakan mulai akhir Juli sampai akhir November 2021 nanti. 

Nantinya, program desa berinovasi ini dikemas dalam bentuk pelatihan, pembelian alat penunjang Eduwisata Garam dan pengolahan garam layak konsumsi.

Sementara itu, Ketua BUMDes Mutiara Saghara, Taufik Hidayat mengucapkan terima kasih kepada UNIBA Madura yang mau bekerjasama.

Kata dia, adanya UNIBA Madura ini, BUMDesnya sangat terbantu, mulai dari penyusunan proposal, pelaksanaan program, sampai pelaporan nanti.

"Terima kasih juga kepada Pemdes Bunder utamanya Kepala Desa, yang telah mensuport program-program kami. Terima kasih pula kepada DPMD Pamekasan yang telah ikut serta mendukung program desa berinovasi badan riset dan inovasi nasional," ucapnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved