Breaking News:

Wabah Virus Corona

Anak Anda Gampang Lelah dan Konsentrasi Terganggu? Bisa Jadi Gejala Long Covid-19, Ini Kata Dokter

Hati-hati jika anak Anda mengalami kelelahan dan konsentrasi terganggu. Pasalnya, dua keluhan itu menjadi gejala long Covid-19 yang sering ditemukan.

Editor: Elma Gloria Stevani
SHUTTERSTOCK
Gejala yang sering dirasakan oleh anak saat long Covid-19 adalah gampang lelah. 

TRIBUNMADURA.COM - Hati-hati jika anak Anda mengalami kelelahan dan sakit kepala. Pasalnya, dua keluhan itu menjadi gejala long Covid-19 yang paling sering ditemukan pada anak-anak.

Keluhan itu menetap hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah awal terinfeksi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mencatat angka kejadian long Covid anak lebih rendah daripada orang dewasa, sekitar 2-3 persen.

Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky menyebut badan kesehatan sedang memeriksa kondisi ini pada anak-anak.

Sedang Dr. Amanda Morrow dan Dr. Laura Malone, co-director dari Klinik Rehabilitasi Anak Penyintas Covid-19 Kennedy Krieger Institute mengungkapkan long Covid anak dapat melibatkan berbagai gejala selain kelelahan dan sakit kepala.

Termasuk intoleransi terhadap aktivitas, pusing, keluhan kognitif yang mengakibatkan kesulitan dengan tugas sekolah, dan perubahan suasana hati.

"Kami tidak tahu kapan waktu pemulihan akan tiba, tetapi banyak dari pasien kami mengalami perbaikan gejala dari waktu ke waktu," jelas Dr. Morrow dan Dr. Malone seperti dilansir Fox News, Minggu 15 Agustus 2021.

Klinik tersebut telah merawat sekitar 20-30 pasien Covid-19 yang berusia di bawah 21 tahun, namun jumlah anak yang menunggu perawatan masih bertambah.

Pasien yang mengalami perbaikan menerima beberapa terapi dan mengikuti rencana perawatan berdasarkan penilaian awal dan berkelanjutan.

Mengenai varian delta penyebab Covid-19 yang lebih parah di antara anak-anak, para ahli belum memastikan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved