Breaking News:

Berita Surabaya

Bandara Juanda Kini Wajibkan Penumpang Unduh Aplikasi PeduliLindungi di Ponselnya

Calon penumpang Bandara Juanda Surabaya wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi sebagai persyaratan.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Penerapan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di Bandara Juanda 

Laporan Wartawan Tribun Madura Network, Fikri Firmansyah

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Bandara Juanda Surabaya menyatakan bahwa pihaknya juga menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"Sudah sejak tanggal 23 Agustus 2021 kemarin, calon penumpang yang akan berangkat dari Bandara Juanda wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi pada ponsel pintarnya (smartphone)," PTS General Manager Bandara Internasional Juanda, MMA. Indah Preastuty, Selasa (31/8/2021).

"Persyaratan penggunaan aplikasi PeduliLindungi ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi Peduli Lindungi," sambung dia.

Indah Preastuty menjelaskan, pengimplementasian kebijakan tersebut telah dibahas dan disiapkan secara bersama-sama oleh seluruh stakeholder bandara.

"Jadi sejak 23 Agustus 2021 telah berjalan pengecekan dokumen kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi," tutur dia.

"Sedangkan untuk mengantisipasi kendala yang mungkin muncul di lapangan, kami menyediakan meja help desk untuk petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang berfungsi untuk mengasistensi calon penumpang yang memiliki kendala pada tahap validasi dokumen kesehatan," ujar Indah.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mengingatkan kepada calon penumpang agar datang lebih awal tiba di bandara sebelum jam keberangkatan.

"Karena proses validasi dokumen kesehatan memerlukan waktu, maka kami imbau kepada penumpang untuk memperhatikan jam keberangkatan dan tiba di bandara sekurang-kurangnya 3 jam sebelum jam keberangkatan agar perjalanan lebih nyaman," katanya.

"Petugas customer service kami pun juga siap membantu penumpang yang mengalami kesulitan saat di bandara," sambung dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved