Breaking News:

Berita Malang

Berdalih Anak Sedang Sakit, Pria ini Nekat Curi Kotak Amal Musala, Warga Curiga Gelagat Pelaku

Warga Sukun Kota Malang ini berdalih melakukan aksi kriminal tersebut lantaran butuh uang untuk membiayai pengobatan sang anak.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Aqwamit Torik
Polsek Kepanjen
Paiman (62) nekat mencuri kotak amal di Musholla Darul Muttaqin, Pepen, Pakisaji Kabupaten Malang pada Jumat (3/9/2021) dinihari lalu. 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Akibat butuh uang untuk pengobatan anak, Paiman (62) nekat mencuri kotak amal di Musholla Darul Muttaqin, Pepen, Pakisaji Kabupaten Malang pada Jumat (3/9/2021) dinihari lalu.

Warga Sukun Kota Malang ini berdalih melakukan aksi kriminal tersebut lantaran butuh uang untuk membiayai pengobatan sang anak.

Kanit Reskrim Polsek Kepanjen, Ipda Transtoto AoK menerangkan kasus ini terungkap bermula dari informasi warga yang sebelumnya sudah curiga dengan lagak pelaku di musholla tersebut.

Baca juga: Hendak Beli Sarapan, Pria ini Kaget Dapati Mobilnya Sudah Terangkat, Warga Sempat Tak Menaruh Curiga

"Warga sebelumnya sudah curiga dengan gerak-gerik pelaku. Guna memastikan, warga akhirnya melakukan pengamatan dengan sembunyi. Benar saja saat pelaku melancarkan aksinya, pelaku tidak bisa mengelak saat diamankan warga ketika hendak meninggalkan lokasi," terang Toto ketika dikonfirmasi, Senin (6/9/2021).

Secara modus operandi, pelaku melancarkan aksi pencuriannya dengan mencongkel kotak amal dengan menggunakan obeng.

Usai mencongkel kotak amal itu, bapak dengan 4 orang anak ini menadah uang-uang amal jamaah tersebut ke dalam kantong plastik.

"Firasat curiga warga mencuat ketika ada motor yang diparkir di dekat musholla. Lalu warga melihat pelaku yang sedang mengangkat kotak amal dan dibawa masuk ke dalam Musholla," katanya.

Mendengar laporan masyarakat, polisi langsung datang ke lokasi tempat kejadian perkara untuk meringkus pelaku.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa dua paket uang. Satu paket berisi Rp 1.660.000, dan satunya ditemukan di dalam jaket pelaku berisi Rp 662.000 dari tangan tersangka. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 365 KUHP.

"Ngakunya pelaku baru pertama ini (melancarkan aksi pencurian). Ia langsung ketahuan dan diamankan warga Kalau ngakunya, yang di dalam jaket itu adalah uang dari anaknya. Katanya hasil menjaga parkir dari anaknya," tutup Kanit Reskrim. (ew)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved