Breaking News:

Kumpulan Doa

Memasuki Bulan Shafar, Ini Doa yang Dibaca Agar Terhindar dari Keburukan dan Keselamatan Keluarga

Bulan Safar merupakan bulan kedua setelah Muharram dalam kalender Hijriah. Bulan tersebut diambil dari kata “Shafr” yang berarti kosong.

Freepik.com
Untuk menyambut datangnya bulan Safar, tak ada salahnya sebagai umat Islam untuk memanjatkan doa dan memohon perlindungan pada Allah SWT. 

TRIBUNMADURA.COM - Bulan Safar merupakan bulan kedua setelah Muharram dalam kalender Hijriah. Bulan tersebut diambil dari kata “Shafr” yang berarti kosong.

Menurut Ibnu Mandzur dalam Lisânul ‘Arab, hal ini dilatarbelakangi karena pada bulan tersebut orang-orang Mekah dalam sejarahnya berbondong-bondong pergi sehingga kota menjadi kosong.

Habib Abu Bakar al-‘Adni dalam Mandzumah Syarh al-Atsar fî mâ Warada ‘an Syahri Safar mencatat bahwa Safar merupakan bulan terjadinya beberapa peristiwa bersejarah, di antaranya pernikahan Rasulullah dengan Sayyidah Khadijah, pernikahan Sayyidah Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib, hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah.

Selain itu, ada juga perang pertama dalam Islam yaitu perang Abwa, penaklukan Khaibar, dan Rasulullah mengutus Usamah bin Zaid kepada pimpinan prajurit Rum tahun 11 Hijriah.

Dalam kitab yang sama, Habib Abu Bakar al-‘Adni menuliskan doa yang bisa dibaca pada bulan Safar ini agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah subhanahu wata’ala.

Isi doa tersebut cukup panjang, memuat puji-pujian kepada Allah dan dominasi permohonan akan perlindungan dari berbagai keburukan pada bulan dan tahun ini.

Bulan yang tidak memiliki kehendak apa-apa ini diyakini mengandung keburukan-keburukan sehingga ada ketakutan bagi mereka untuk melakukan hal-hal tertentu.

Islam datang merevisi anggapan tersebut dan menegaskan bahwa tak ada hari atau bulan sial di mata syariat.

Rasulullah SAW sendiri tidak pernah membenarkan anggapan buruk tersebut.

Untuk itu, menyambut datangnya bulan Safar ini tak ada salahnya sebagai umat Islam untuk memanjatkan doa dan memohon perlindungan pada Allah SWT.

Halaman
1234
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved