Breaking News:

Berita Pamekasan

DEAR Jatim Demo Kantor Disdik Pamekasan, Usut Dugaan Pemotongan BOS dan BOP yang Dilakukan Oknum

Kedatangan DEAR Jatim ke Kantor Disdik Pamekasan ini untuk mengusut tuntas perihal adanya dugaan mafia yang melakukan pungli BOS dan BOP.

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Suasana saat DEAR Jatim unjuk rasa di depan Kantor Disdik Pamekasan, Madura, Rabu (8/9/2021) 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dewan Energi Aspirasi Rakyat (DEAR) Jawa Timur, unjuk rasa ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Madura, Rabu (8/9/2021).

Unjuk rasa yang dilakukan oleh sekumpulan pemuda ini menyuarakan perihal adanya dugaan oknum Disdik Pamekasan yang melakukan pemungutan liar (pungli) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

Korlap Aksi, Faisol Dear mengatakan, kedatangan DEAR Jatim ke Kantor Disdik Pamekasan ini untuk mengusut tuntas perihal adanya dugaan mafia yang melakukan pungli BOS dan BOP.

Ia mengaku mengendus adanya pungli dalam pekerjaan fisik reguler pendidikan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) yang dilakukan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Dinas Pendidikan Pamekasan.

"Kami menemukan pemungutan liar dan penarikan uang beberapa persen dari oknum Dinas Pendidikan terhadap lembaga instansi yang sudah mengajukan BOP dan BOS," teriak Faisol saat orasi.

Baca juga: Aksi Mahasiswa Turun ke Jalan Sampaikan 13 Tuntutan Kepada Presiden Jokowi, ini Rincian Tuntutannya

Aktivis kondang di Pamekasan ini membeberkan, lembaga yang mengajukan BOP ke Disdik Pamekasan, dalam setiap paketnya ditarik uang 25 persen atau sebesar Rp 2.5 juta.

Alasan dari oknum Disdik Pamekasan yang meminta uang sejumlah itu, bermodus untuk melengkapi administrasi saat mengajukan bantuan.

Sedangkan, untuk BOP, setiap jatah yang didapatkan oleh lembaga, masing-masing siswa diduga dipotong 10 persen oleh oknum.

"Kami menemukan banyak temuan di lapangan, tapi untuk sementara kami menemukan 4 lembaga yang sudah bertransaksi dari program tersebut," bebernya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved