Breaking News:

Berita Lumajang

Gunung Semeru Kembali Luapkan Guguran Lava Sejauh 2 KM, BPBD Lumajang Ingatkan Ini

Aktivitas Gunung Semeru kembali meningkat pada Kamis (9/9/2021) dini hari, kembali mengeluarkan guguran lava pijar sejauh 2 kilometer.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Samsul Arifin
Ilustrasi Gunung Semeru
Gunung Semeru 

TRIBUNMADURA.COM, LUMAJANG - Aktivitas Gunung Semeru kembali meningkat pada Kamis (9/9/2021) dini hari. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu kembali mengeluarkan guguran lava pijar sejauh 2 kilometer.

Saat guguran lava itu keluar, Gunung Semeru juga mengalami 50 kali letusan. Dari data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA)  Gunung Semeru mengeluarkan letusan 50 kali, embusan 9 kali dan tektonik jauh 2 kali.

Sedangkan secara visual  guguran tersebut meluncur ke arah tenggara menuju Besuk Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

"Gunung Semeru mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur sejauh 1 - 2 km ke arah Besuk Kobokan," ujar Kabid Kedaruratan Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Lumajang, Joko Sambang, Kamis (9/9/2021).

Joko memastikan Gunung Semeru masih berstatus tetap waspada level II. Kendati demikian, masyarakat diminta untuk selalu waspada membaca karakteristik Gunung Semeru.

Baca juga: 900 Peserta Ikut Tes SKD Seleksi CPNS 2021 di Pemkab Lumajang, 56 di Antaranya dari Luar Kota

Warga diimbau tidak beraktivitas dalam beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah puncak Gunung Semeru dan jarak 5 kilometer arah bukaan kawah di sektor tenggara -  selatan. Sebab tempat tersebut merupakan jalur aliran lava.

"BPBD menghimbau kepada masyarakat tidak melakukan aktivitas sejauh 5 kilometer di sektor lereng selatan – tenggara serta memaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved