Breaking News:

Berita Malang

Penerapan Ganjil Genap di Kota Malang Diharap Tekan Kemacetan, Begini Pendapat Pakar Transportasi

Penerapan ganjil genap diharapkan dapat mengurangi kemacetan kendaraan di Kota Malang.

SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Juru Parkir mengarahkan pengemudi mobil yang memarkir kendaraannya tidak sesuai aturan di Jalan Bandung, Kota Malang, Selasa (22/1/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Pemkot Malang dan Polresta Malang Kota tengah mematangkan wacana penerapan ganjil genap di Kota Malang.

Penerapan ganjil genap diharapkan dapat mengurangi kemacetan kendaraan di Kota Malang.

Pakar transportasi, Hendi Bowoputro mengatakan, Kota Malang masih banyak permasalahan lalu lintas.

Ia mencontohkan permasalahan lalu lintas di Kota Malang, yakni terkait persimpangan masih sangat padat kendaraan.

"Selain itu, seperti di Jalan Veteran dan Jalan Jakarta, masih banyak kendaraan yang terparkir di sisi kanan jalan dan ini bisa membahayakan pengendara," kata Hendi Bowoputro kepada TribunJatim.com ( grup TribunMadura.com ), Minggu (19/9/2021).

"Sehingga, masih perlu penegakan hukum di jalan, daripada memikirkan yang lain. Budaya yang baik dalam berlalu lintas, bisa tercipta terlebih dahulu," ujarnya.

Baca juga: Simak Bocoran Aturan Ganjil Genap di Kota Malang, Ada Jam Khusus hingga Penerapan saat Akhir Pekan

Dosen Fakultas Teknik Universitas Brawijaya menyebut, pada awal pekan lalu, Satlantas Polresta Malang Kota sudah membeberkan rencana penerapan ganjil genap di Kota Malang.

Namun, menurutnya, masih terlalu dini penerapan ganjil genap di Kota Malang, mengingat dalam penegakan hukum dan aturan di jalan masih terbilang rendah.

“Menurut saya untuk saat ini, urgensinya adalah menuntaskan permasalahan yang ada terlebih dahulu. Seperti kendaraan yang melawan arus, lemahnya peran supeltas yang berada di belokan putar balik (U Turn) dan masih adanya kendaraan roda dua yang melintas di fly over," jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, ada lima titik ruas jalan yang akan diterapkan ganjil genap oleh Polresta Malang Kota. Yakni di Jalan Letjen S. Parman, Jalan Letjen Sutoyo, Jalan J.A. Suprapto, Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Soekarno Hatta (Suhat).

Baca juga: Wacana Penerapan Ganjil Genap di Kota Malang Mendekati Realisasi, Ini Kata Kapolresta Malang Kota

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved