Breaking News:

Berita Surabaya

Wisata Sontoh Laut, Wisata Tersembunyi di Ujung Utara Surabaya, Butuh Dukungan Pemerintah Agar Eksis

Wisata Sontoh Laut menawarkan pengunjung berupa keindahan pohon mangrove yang berjejer di sepanjang bibir pantai utara Surabaya.

TRIBUNMADURA.COM/FEBRIANTO RAMADANI
Wisata Sontoh Laut yang berlokasi di Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya, Senin (20/9/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Kota Surabaya memiliki banyak destinasi wisata tersembunyi yang menyuguhkan pemandangan alami di tengah hiruk pikuk kota.

Satu di antara wisata yang dapat dikunjungi saat berada di Kota Surabaya, yakni Wisata Sontoh Laut, Kecamatan Asemrowo.

Wisata Sontoh Laut menawarkan pengunjung berupa keindahan pohon mangrove yang berjejer di sepanjang bibir pantai.

Di samping Surabaya Utara tidak jauh dari kawasan petikemas, pengunjung juga bisa melihat kawasan pemukiman Kampung Pelangi Sontoh Laut (Kapsol).

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, Shodiq Mahfud mengatakan, wisata tersebut mulai dikerjakan awal tahun 2020, dengan mendapatkan bantuan pertama dari Pelindo akhir tahun 2019.

"Jadi ini masih dalam pembinaan Pelindo. dan alhamdulillah kami sudah mendapatkan bantuan ketiga kalinya dari," ujarnya, ketika ditemui di lokasi, Senin (20/9/2021).

Lebih lanjut Mahfud memaparkan, spot yang dibangun pertama adalah Jalan Tambat Labuh, kemudian sentra kuliner dan musala.

Yang terbaru adalah pembangunan gazebo di tengah laut serta menara pandang.

"Pengunjung bisa naik perahu 10 sampai 15 menit. Tiket sewa perahu pulang pergi sekitar Rp 75 ribu kapasitas 5 sampai 6 orang yang diantar oleh nelayan sekitar," terangnya.

"Untuk saat ini masih pandemi dibuka hari Sabtu dan Minggu tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat," imbuhnya.

Mahfud berharap, pemerintah turun tangan membantu menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata agar menjadi mata pencaharian alternatif bagi masyarakat, khususnya para nelayan.

"Tidak sekedar bantuan dari Pelindo saja. Mengingat, pendapatan para nelayan berkurang. Jadi untuk bisa bertahan hidup," ucapnya.

"Karena luas antara kawasan industri dengan pemukiman antara 95 persen dan 5 persen kawasan permukiman, tidak bisa membawa efek dan masih ada pengangguran. Harapan kami bisa mengangkat perekonomian warga sekitar," tuntasnya.

Bagi masyarakat kota Pahlawan yang berminat berkunjung bisa melewati akses masuk depan Gang Makam, dari Jalan Raya Greges, Kecamatan Asemrowo. Wisata Sontoh Laut juga tersedia di Google Maps.

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved