Breaking News:

Berita Madiun

Wali Kota Madiun Rancang Destinasi Wisata Budaya dan Religi Pasca Penemuan Benda Bersejarah

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan pihaknya memang tengah merancang konsep wisata budaya dan religi di Kota Pesilat.

TribunMadura.com/Sofyan Arif Candra Sakti
Bekas Ekskavasi Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di Desa Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun 

TRIBUNMADURA.COM, MADIUN - Perhatian khusus Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur usai penemuan sejumlah benda bersejarah di Kota Madiun.

Diketahui sejumlah benda kuno dan bersejarah ditemukan di sekitar wilayah Kota Madiun.

Setelah melakukan proses ekskavasi di sejumlah titik, BPCB Jatim mengatakan ada potensi penemuan benda bersejarah lainnya namun harus dilakukan ekskavasi dan identifikasi lebih lanjut.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan pihaknya memang tengah merancang konsep wisata budaya dan religi di Kota Pesilat.

Baca juga: Penemuan Benda Kuno di Madiun Diduga Peninggalan Zaman Kerajaan, Arkeolog Ungkap Potensi Wisata

Ia ingin menggali sejarah berdirinya Kota Madiun sehingga muncul semangat di tengah masyarakat untuk ikut mengumpulkan informasi peninggalan sejarah di Kota Madiun.

"Jika benda-benda (bersejarah) terus terkumpul maka bisa menjadi destinasi wisata tersendiri," kata Maidi, Sabtu (25/9/2021).

Disisi lain, Maidi juga mewanti-wanti kepada masyarakat yang menemukan benda bersejarah agar tidak dijual ke orang lain yang mengaku dari instansi manapun.

"Saya pesan kepada warga, nilai bersejarah jangan dipindahtangankan kepada orang lain," tegas Maidi.

"Akan saya hormati dan beri penghargaan. Akan saya bantu kesulitannya apa dan akan tercatat di sejarah Pemkot Madiun sebagai relawan (penemu benda bersejarah)," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, setelah melakukan ekskavasi di Kota Madiun, tim Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim telah melakukan identifikasi setidaknya di tiga titik.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved