Breaking News:

Berita Lumajang

Siap-siap, Akhir September 1697 Buruh Tembakau Bakal Dapat 1,5 Juta dari Cukai Rokok

ada sekitar 57 penerima manfaat bantuan terdiri dari para pekerja pabrik rokok. Sedangkan, ribuan orang lainnya para buruh tani tembakau

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Samsul Arifin
Patrick Sison/AP via chicagotribune.com
ilustrasi 

TRIBUNMADURA.COM, LUMAJANG - Sebanyak Rp23 milyar Kabupaten Lumajang mendapat hasil cukai rokok. Sekitar 35 persen rencananya hasil cukai itu akan dibagikan kepada 1.697 orang.

Setidaknya, ada sekitar 57 penerima manfaat bantuan terdiri dari para pekerja pabrik rokok. Sedangkan, ribuan orang lainnya para buruh tani tembakau.

Murdiyanto Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Kabupaten Lumajang mengatakan, kebijakan tersebut mengacu rekomendasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) perihal penggunaan anggaran cukai rokok.

Pasalnya, dua tahun ini imbas pandemi Covid-19 banyak membuat petani menjerit lantaran serapan tembakau tidak maksimal.

"Kalau saya baca dari tahun kemarin banyak petani tembakau menjerit. Satu sisi karena pandemi, terus masa panen mereka bareng sama musim hujan, jadi ya memang hasil mereka kena dampak. Mungkin karena itu muncul MK No 206 Tahun 2020," katanya.

Baca juga: Ada 1697 Buruh Tani Tembakau di Lumajang Diusulkan Dapat BLT Hasil Cukai

Disebutkannya, sepanjang tahun 2021 para petani tembakau dan buruh pabrik tembakau akan mendapat 8 kali subsidi. Setiap bulan dana yang dikucurkan Rp300. 

"Rencananya bulan ini akan dirapel sebanyak 5 kali. Itu dihitung dari Mei, jadi per orang mendapat Rp 1,5 juta," terangnya

Murdiyanto berharap subsidi tersebut bisa segera dicairkan pada bulan ini. Sehingga dengan adanya subsidi tersebut, petani dan buruh tani tembakau tetap tetap bergairah menanam tembakau.

"Besar harapan kami bisa cair bulan ini. Sebab mereka termasuk dari bagian penyumbang dana cukai terhimpun," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved