Breaking News:

Berita Surabaya

Dampak Pandemi, Terminal Penumpang Pelabuhan Gapura Surya Nusantara Sepi Penumpang sejak Tahun Lalu

Jelang akhir pekan, Terminal Penumpang di Pelabuhan Gapura Surya Nusantara Surabaya tampak lengang.

TRIBUNMADURA.COM/FIRMAN RACHMANUDIN
Suasana Terminal Penumpang Pelabuhan Gapura Surya Nusantara Surabaya 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Terminal Penumpang di Pelabuhan Gapura Surya Nusantara Surabaya, tampak lengang jelang akhir pekan, Jumat (1/10/2021).

Hampir tak terlihat aktifitas apapun di Terminal Penumpang Pelabuhan Gapura Surya Nusantara 

Suasana terminal sangat sepi dan hampir tak terlihat aktifitas apapun.

Bahkan, loket customer service Pelabuhan Gapura Surya Nusantara juga tampak tidak beroperasi.

Hanya terlihat tiga petugas di counter depan pintu masuk keberangkatan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara yang tampak santai lantaran sepinya penumpang.

Karina Rindang Trapsilasiwi, Manjer Pelayanan Penumpang dan Roro Terminal Jamrud Regional Jawa Timur menyebutkan, penurunan intensitas penumpang sangat terasa saat diterapkannya PSBB pada awal pandemi di tahun 2020.

Namun, seiring berjalannya kebijakan pemerintah terkait mobilitas masyarakat dengan percepatan vaksinasi, prosentase penumpang yang datang di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, terus meningkat.

"Kalau dihitung secara prosentase, PPKM di tahun 2021 mulai Juli sampai September ada penurunan sekitar 55,76 persen dibanding tahun 2019 (sebelum pandemi). Namun meningkat sebesar 15,37 persen dari PSBB tahun 2020 lalu," terangnya kepada Surya.co.id.

Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per Juli sampai September 2021 kali ini, dominasi penumpang kedatangan didominasi dari Pelabuhan Lembar,Nusa Tenggara Barat yang mencapai 12.378 orang selama 3 bulan.

Sementara posisi kedua, penumpang asal Pelabuan Banjarmasin di angka sekitar 10 ribu orang, Pelabuhan Makassar dengan angka sekitar 9 ribuan, dan Pelabuhan Balikpapan sekitar 8 ribu penumpang.

Karina juga memastikan penerapan protokol kesehatan bagi calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan dilakukan secara maksimal.

"Penerapan mulai dari calon penumpang itu menyertakan surat vaksin, tes rapid antigen 2x24 jam, tes PCR 2x24 jam," tandasnya.

Tak hanya itu,fasilitas penunjang prokes di lingkungan terminal penumpang juga diberikan oleh pihak Pelindo III sebagai operator.

Seperti, wetafel, hand santizer, thermal gun dan papan poster imbauan protokol kesehatan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved