Breaking News:

Berita Kediri

Setop Peredaran Rokok Ilegal, Masyarakat Diharapkan Aktif Berantas Penyebaran Rokok Tanpa Cukai

Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Sunaryo mengimbau masyarakat agar tidak membeli rokok ilegal.

TRIBUNMADURA.COM/DIDIK MASHUDI
Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Sunaryo, menyampaikan sosialisasi peredaran rokok ilegal di wilayah Kota Kediri di Hotel Lotus, Rabu (6/10/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, KEDIRI - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kediri bersama Kantor Bea Cukai Kediri melakukan sosialisasi pengawasan peredaran rokok ilegal di Kota Kediri, Rabu (6/10/2021).

Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Sunaryo mengemukakan, awak media berperan sebagai check and balance serta penyambung antara pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi digital, informasi yang disampaikan dapat diterima masyarakat dengan cepat.

Hal ini merupakan langkah yang strategis dalam sosialisasi pentingnya cukai, pengawasan, penerimaan, serta bahaya rokok ilegal.

“Rokok ilegal sangat penting untuk dikendalikan. Karena apabila pemerintah gagal mengendalikan peredaran rokok ilegal, maka masyarakat mengonsumsi rokok tanpa cukai, sehingga penerimaan negara tidak masuk,” jelasnya.

Selain itu juga menjalankan upaya preventif dalam pengendalian peredaran rokok ilegal melalui penyuluhan ke perusahaan-perusahaan rokok agar memproduksi dan mendistribusikan rokok sesuai dengan UU cukai.

“Yang kami lakukan ke perusahaan-perusahaan rokok berupa mengedukasi bagaimana cara bekerja dengan benar, melaporkan dengan benar, melekatkan dan membayar pita cukai dengan benar," kata dia.

"Kami juga sosialisasikan ke pengecer, dalam hal ini adalah warung, kios, toko kelontong, bahwa rokok yang ada pita cukainya adalah rokok yang membayar pajak. Masyarakat dilarang membeli rokok tanpa pita cukai,” terangnya.

Sunaryo berpesan masyarakat harus tahu bentuk rokok ilegal supaya sadar akan peredaran rokok ilegal.

Selain itu masyarakat diimbau untuk melapor kepada aparat, seperti Satpol PP atau langsung menghubungi nomor informasi Bea dan Cukai Kediri di nomor 081335672009.

Diharapkan kepada awak media untuk turut bersinergi dengan pemerintah dalam upaya pemberantasan rokok ilegal melalui upaya publikasi informasi.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri Apip Permana menjelaskan, selaku penyelenggara kegiatan memiliki Tupoksi sebagai penjembatan antara pemerintah dengan masyarakat, sehingga harus terjalin komunikasi yang baik.

Pengawasan Peredaran Rokok Ilegal di Wilayah Kota Kediri dimaksudkan supaya pelanggaran mengenai cukai dapat ditekan bahkan diberantas melalui publikasi media massa.(didik mashudi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved