Breaking News:

Berita Sumenep

Kabupaten Sumenep Kembali ke PPKM Level 3, Imbas Capaian Vaksinasi yang Rendah

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep, Abd Rahman Riyadi mengatakan bahwa turunnya level PPKM Sumenep ini berkaitan dengan capaian vaksinasi

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Bobby Koloway
Ilustrasi - Petugas sedang memberikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Kabupaten Sumenep menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang kembali turun ke level 3 PPKM dari sebelumnya Level 2.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep, Abd Rahman Riyadi mengatakan bahwa turunnya level PPKM Sumenep ini memang berkaitan dengan capaian vaksinasi Covid-19.

"Capaian vaksinasi masih di bawah 30 persen. Ini terbilang masih rendah berdasarkan Inmendagri nomor 47 tahun 2021," kata Abd Rahman Riyadi saat dikonfirmasi hari Kamis (7/10/2021).

Rendahnya capaian vaksin Covid-19 itu katanya, karena masyarakat masih mengonsumsi berita hoaks (kabar tidak benar) sehingga tidak percaya dengan vaksin.

Baca juga: Buaruan Daftar, Pemkab Akan Gelar Pelatihan Perhotelan Gratis Khusus Masyarakat Sumenep

"Mari bersama-sama perangi berita hoaks soal vaksin. Vaksin itu halal dan aman. Buktinya kita semua baik-baik saja," katanya.

Turunnya penerapan level 2 ke level 3 itu katanya, tidak lagi mengacu pada jumlah pasien atau kasus Covid-19. Namun, pengaruh dari capaian vaksinasi di tingkat kabupaten/kota.

Jika capaian vaksinasi Covid-19 di bawah 30 persen, otomatis kabupaten/kota berstatus level 3 sampai 4.

Bila capaian vaksin hingga 50 persen akan menyandang level 2. Dan jika mencapai 70 persen, maka kabupaten/kota akan masuk pada PPKM level 1.

"Kita sukseskan vaksinasi ini agar cepat menuju level 1 atau bahkan nol. Jika itu yang terjadi maka kegiatan apapun akan kembali normal seperti sedia kala," ujarnya.

Indikator lainnya kata Abd Rahman Riyadi, seperti jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19, angka kematian, testing, tracing dan treatment yang dilakukan pemerintah daerah Sumenep sudah bagus.

"Capaian vaksin Covid-19 ini masih rendah," ucapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved