Berita Sidoarjo

Jemput Bola, Polresta Sidoarjo Blusukan ke Pasar Tradisional, Cari Warga yang Belum Divaksin Covid

Pada Minggu (10/10/2021), Polresta Sidoarjo menyasar pusat-pusat keramaian, desa-desa, dan sejumlah titik. Termasuk pasar tradisional.

Penulis: M Taufik | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/M TOVIC
Sejumlah pengunjung pasar tradisional di Sidoarjo saat disuntik vaksin Covid-19, Minggu (10/10/2021) 

TRIBUNMADURA.COM, SIDOARJO - Polresta Sidoarjo 'jempot bola' dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo.

Pada Minggu (10/10/2021), Polresta Sidoarjo menyasar pusat-pusat keramaian, desa-desa, dan sejumlah titik. Termasuk pasar tradisional.

Dalam program ini, petugas Polresta Sidoarjo blusukan ke pasar mencari warga yang belum divaksin Covid-19.

Warga yang ketahuan belum vaksin Covid-19 akan langsung ditawari suntik vaksin di lokasi.

Polisi memang sejak awal sudah menyediakan dosis vaksin Covid-19 dalam program blusukan ini.

Baca juga: Dorong Pembentukan Herd Immunity saat Pandemi, PKB Jatim Geber Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat

Di Pasar Larangan, sejumlah pedagang dan pengunjung yang belum vaksin langsung disuntik vaksin Covid-19 oleh petugas dalam program itu.

Mereka pun mengaku senang karena bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dengan mudah.

"Sempat kaget, kirain ada razia apa. eh ternyata malah divaksin. Ya terima kasih, kebetulan saya belum vaksin," kata Asir, pedagang asal Sampang di Pasar Larangan.

Hal serupa disampaikan Sumiati. Perempuan yang sedang berbelanja di pasar itu mengaku senang bisa ikut vaksin sambil belanja.

Kebetulan, selama ini dia belum vaksin dan belum pernah dapat informasi atau ajakan untuk vaksin.

"Kebetulan belum vaksin, ada vaksinasi gratis. Ya ikut saja. Malah vaksin di sini bisa dapat sembako," kata perempuan ini setelah vaksin dan menerima paket sembako dari petugas kepolisian.

Dalam program blusukan ke pasar dan desa-desa ini, polisi memang lebih banyak menyasar kalangan lansia.

Maklum, data di Polresta Sidoarjo menyebut, vaksinasi untuk lansia di Sidoarjo terbilang masih kurang. Sehingga lansia menjadi sasaran utama.

"Capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Sidoarjo terus merangkak naik, saat ini sudah 67,8 persen. Namun kondisi itu tidak membuat Polresta Sidoarjo dan jajaran surut upaya akselerasi vaksinasi Covid-19," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro.

Orang nomor satu di kepolisian Sidoarjo inipun ikut blusukan ke pasar. Memberi sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi.

Utamanya kepada lansia. Karena data menyebut, vaksinasi terhadap lansia di Sidoarjo baru di angka 39,8 persen. masih kurang jauh.

“Semakin banyak masyarakat yang sudah tervaksin, maka herd immunity di wilayah kita dapat segera terbentuk. Makanya berbagai upaya terus kita gencarkan,” lanjut kapolres.(ufi)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved