Breaking News:

Berita Surabaya

Ada Aduan Soal Lingkungan di Surabaya? Sila Kirim ke Kontak WhatsApp DLH Surabaya Ini

Call center DLH ada di nomor telepon (031) 5349960 sedangkan kontak Hp/WhatsApp ada di nomor 081249455220.

Penulis: Bobby Koloway | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/BOBBY KOLOWAY
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Moh. Suharto Wardoyo. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya berinovasi dalam menerima aduan masyarakat. Bagi masyarakat yang ingin mengadukan terkait lingkungan, warga Surabaya cukup melapor lewat kontak WhatsApp dan call center. 

Call center DLH ada di nomor telepon (031) 5349960 sedangkan kontak Hp/WhatsApp ada di nomor 081249455220.

"Sekarang melakukan pengaduan ke DLH cukup lewat WA saja," kata Kepala DLH Surabaya Moh. Suharto Wardoyo, Kamis (14/10/2021). 

Pria yang akrab disapa Anang ini menjelaskan pentingnya percepatan respon dari aspirasi warga. Ini selaras dengan instruksi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk pengaduan dengan menggunakan sistem online.

"Sekarang, tidak perlu lagi datang ke kantor DLH atau tidak perlu lagi melalui surat-surat tertulis, silahkan lewat WA saja," katanya. 

Apalagi, berdasarkan catatan pihaknya, aduan kepada DLH masih cukup minim. "Oleh karena itu, kami terus lakukan sosialisasi," katanya. 

Dalam aduan ini, ada sejumlah hal yang disampaikan. Misalnya, perusakan lingkungan atau pencemaran lingkungan yang ada di Surabaya. 

Baca juga: Simak Syarat Vaksin Sinovac Pertama dan Vaksin Kedua yang Digelar di Kebun Binatang Surabaya

Pengadu juga bisa berkonsultasi dalam proses perizinan. Misalnya, terkait kegiatan usaha yang belum memiliki izin. “Artinya, semua hal yang berhubungan dengan DLH bisa disampaikan melalui call center itu,” tegasnya.

Di luar konsultasi dan aduan, DLH tak akan menindaklanjuti. Misalnya, permohonan perizinan. Sebab, permohonan tersebut tetap dilakukan melalui aplikasi SSW. 

"Nah, apabila di aplikasi tersebut menemukan kendala, misalnya proses yang terlalu lamban, bisa juga disampaikan lewat call center itu," katanya. 

"Contohnya, seseorang sudah mengajukan permohonan perizinan, tapi kok sampai sekarang belum keluar-keluar izinnya, nah itu bisa disampaikan melalui call center itu,” jelas dia.

Di samping melalui call center dan kontak WA, pengaduan juga bisa melalui aplikasi WargaKu. Aplikasi WargaKu tetap bisa digunakan oleh masyarakat. 

“Jadi, kami memberikan pilihan atau alternatif pengaduan tentang DLH, kalau melalui WargaKu itu bisa mengadukan semua dinas, tapi kalau melalui call center ini hanya khusus pengaduan di Dinas Lingkungan Hidup,” ujarnya.

"Silahkan manfaatkan ini untuk memperlancar dan mempercepat urusan panjenengan (Anda) semuanya,” pungkas mantan Kepala Dinas Sosial Surabaya ini. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved