Breaking News:

Berita Surabaya

Bantu Pasarkan Produk UMKM Jatim Bhayangkari Jatim Bikin Marketplace

Aplikasi tersebut akan memberikan ruang promosi secara maksimal dan khusus kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Jatim

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/LUHUR PAMBUDI
Ketua Bhayangkari Jatim Ully Nico Afinta dampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat berkunjung ke salah satu booth stand UMKM di Pameran UMKM, Gedung Mahameru, Mapolda Jatim. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta melaunching aplikasi marketplace Balanjha.com dalam puncak peringatan HUT ke-69 Bhayangkari, Selasa (19/10/2021).

Aplikasi tersebut akan memberikan ruang promosi secara maksimal dan khusus kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Jatim, dalam memasarkan produk unggulannya.

Sejatinya, aplikasi tersebut digagas oleh ibu-ibu Pengurus Daerah Bhayangkari Jatim kreatif sebagai upaya menyambut kemajuan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi, apalagi ditengah kondisi Pandemi Covid-19.

Gagasan dan terobosan tersebut, dirasa mantan Kapolsek Metro Ciputat itu, mampu mengakomodir potensi UMKM dengan 10 juta pelaku UMKM, yang menjadi penopang terpenting Pajak Domistik Regional Bruto (PDRB) di Jatim hingga memperoleh persentase pemasukan 51%.

"Inovasi dalam memperluas pasar menggunakan digitalisasi dan saya yakin nanti dengan nama Balanjha.com, bisa memperluas pasar bagi UMKM," katanya di Gedung Mahameru, Mapolda Jatim, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Berkomitmen Mendongkrak Ekonomi Jatim, Bhayangkari Jatim Bina 665 Pelaku UMKM

Namun, Nico memberikan usulan kepada pihak Bhayangkari Jatim selaku pengelola utama situs marketplace Balanjha.com tersebut.

Yakni dengan melakukan maintenance lanjutan terhadap situs tersebut untuk ditautkan secara aktif dengan situs marketplace buatan Pemprov Jatim yang telah lebih dulu ada yakni 'JATIM BEJO' atau Jawa Timur Belanja Online.

Tujuannya, produk marketplace milik Bhayangkari Jatim memiliki spektrum jangkauan partisipan masyarakat atau calon pelanggan produk UMKM lebih luas.

"Jadi saran saya nanti Balanjha.com yang berisi UMKM seluruh ketua cabang di daerah bisa didaftarkan di 'Jawa Timur Bejo' ini," jelasnya.

Selain itu, Nico juga berharap, Bhayangkari Jatim memastikan tiga aspek pendukung marketplace tersebut agar makin mempersingkat (shortcut) antara penjual dan pembeli, yang tentunya berpengaruh pada terdongkraknya percepatan ekonomi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved