PKB Jatim Getol Dukung Muhaimin Iskandar Jadi Capres, Dambakan Figur Pemimpin Religius-Nasionalis

Keputusan untuk mendorong Gus Muhaimin di Pilpres memang telah bulat secara internal partai. Dambakan figur pemimpin religius-nasionalis

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Aqwamit Torik
TribunJateng/Hermawan Handaka
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, Selasa (17/4/2018). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Timur memastikan kesolidan kader untuk mengantar Abdul Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

Dorongan disebut semakin kuat, sebab PKB Jatim menyebut kalangan kiai mendorong ke depan figur yang religius-nasionalis dapat memimpin negeri.

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah mengatakan, keputusan untuk mendorong Gus Muhaimin di Pilpres memang telah bulat secara internal partai.

Disamping, arus bawah yang menghendaki Gus Muhaimin maju dalam kontestasi.

"Diantara 34 DPW se Indonesia dan 500 lebih DPC se Indonesia telah bersepakat bulat, bahwa Presiden ke depan harus merupakan kalangan santri yang religius-nasionalis, satu-satunya adalah ketum," kata Anik saat dikonfirmasi dikutip, Minggu (24/10/2021).

Baca juga: Promo Indomaret Terbaru Minggu 24 Oktober 2021, Promo Gratis Hingga Promo Minyak Goreng Murah

Anik menyebut, keinginan kuat itu sejauh ini masih terus dipegang para kader termasuk di Jawa Timur.

"Tidak ada institusi pun di PKB yang keluar dari rel itu. Karena itu menjadi kesepakatan bottom up," ungkapnya.

Disisi lain, Anik yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim menyebut, dalam berbagai kesempatan pihaknya melakukan silaturahmi dengan kalangan kiai di Jawa Timur.

Dalam silaturahmi tersebut, kata Anik, pihaknya banyak menangkap keinginan dan amanah yang disampaikan para kiai agar tokoh yang berlatar belakang santri memang harus didorong untuk memimpin negeri.

Sehingga, lanjut Anik, pihaknya makin bulat dan getol untuk mengantarkan Gus Muhaimin pada kontestasi mendatang.

Belum lama ini Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin mulai terang-terangan menyatakan kesiapannya maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Gus Muhaimin, Pilpres 2024 sebagai tantangan bagi dirinya untuk maju sebagai capres.

Sekalipun begitu, Wakil Ketua DPR RI ini mengaku tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah.

"Saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” kata Gus Muhaimin disela kegiatan silaturahmi dengan para tokoh ulama di wilayah Brebes-Tegal, Jawa Tengah, dikutip dari Tribunnews.com

Gus Muhaimin tak memungkiri, selama ini kader PKB di seluruh daerah mengharapkan dan mendukung agar dirinya maju sebagai Capres di tahun 2024.

Baca juga: Beda Reaksi PDIP dan Gerindra, Tanggapi Survey Litbang Kompas Prabowo-Ganjar Capres Teratas

Karena itu, PKB akan terus menggalang kekuatan dengan partai politik lainnya untuk berkoalisi. Sebab, PKB tidak bisa mengusung calon sendiri di Pilpres 2024 sehingga harus berkoalisi dengan parpol lain.

”Hingga saat ini, kepengurusan PKB di daerah-daerah masih solid. Dan jika nantinya maju maka untuk mencari figur Capres, PKB akan berkoordinasi dengan parpol lainnya untuk berkoalisi," ujarnya.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved