Breaking News:

Sejarah

Dua Alasan Cerdas Presiden BJ Habibie Melepas Timor Leste, Hingga Keputusannya Dipuji Dunia

CIA menambahkan penilaiannya bahwa rencana Habibie untuk Timor Timur mendapat sedikit dukungan dari kalangan militer senior, termasuk Wiranto.

Editor: Aqwamit Torik
Freepik
Ilustrasi Timor Leste 

TRIBUNMADURA.COM - Timor Leste resmi melepaskan diri dari Indonesia pada tahun 1999.

Timor Leste saat itu masih bernama Timor Timur.

Saat itu, Presiden Indonesia, BJ Habibie mengumumkan Timor Timur dapat memiliki otonomi luas atau pemisahan cepat dari Indonesia.

Hal tersebut karena dilandasi alasan dari BJ Habibie.

Pada awal Mei, CIA menambahkan penilaiannya bahwa rencana Habibie untuk Timor Timur mendapat sedikit dukungan dari kalangan militer senior, termasuk Wiranto.

Baca juga: Siapa Penerus Jokowi? Pengamat Nilai Megawati Putuskan Capres PDIP di Last Minute, Puan atau Ganjar?

Para pejabat Amerika jelas menyadari TNI mendukung milisi, tetapi desakan diplomatik tidak berpengaruh.

Bulan berikutnya, ketika misi PBB di Timor Timur (Unamet) bersiap untuk ditempatkan guna mengawasi referendum, juru bicara PBB secara terbuka mengkritik penanganan Indonesia atas Timor Timur.

Pejabat kedutaan diberitahu laporan yang “dapat dipercaya” bahwa Kopassus - pasukan khusus TNI - telah mengarahkan agen milisi untuk menculik atau mencelakai anggota Unamet, dan bahwa itu adalah prosedur operasi standar bagi militer untuk “menyerahkan pekerjaan kotornya kepada milisi”.

Seorang pejabat politik Unamet mengatakan kepada staf kedutaan bahwa mereka menyadari pernyataan kritis akan menghasilkan reaksi yang tajam tetapi “menjadi jelas bahwa protes dengan militer di balik pintu tertutup tidak menghasilkan apa-apa”, dan bahwa situasi yang tidak dapat diterima di Timor Timur semakin memburuk.

Pada tanggal 21 Mei, petugas kedutaan diberi tahu bahwa “milisi berencana untuk 'menyambut' kontingen pertama penasihat polisi Unamet dengan senjata mereka merupakan kepercayaan umum.

Halaman
123
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved