Breaking News:

Berita Batu

Tim Trauma Healing Bakal Dikerahkan Mensos Risma, Beri Pendampingan Psikologis Korban Banjir Bandang

Perempuan yang akrab disapa Risma ini juga menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan santunan bagi keluarga korban meninggal dunia bencana banjir bandang

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Kukuh Kurniawan
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat meninjau lokasi bencana banjir bandang di Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat (5/11/2021) malam 

TRIBUNMADURA.COM, BATU - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan menurunkan Tim Trauma Healing.

Tim tersebut dikerahkan, untuk memberikan pendampingan psikologis bagi pengungsi maupun korban banjir bandang Kota Batu.

"Nanti kami ada trauma healing. Ada petugas saya yang akan turun untuk memberikan trauma healing kepada warga," ujar Mensos Tri Rismaharini kepada awak media usai mengecek dapur umum yang berada di Kantor Balai Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat (5/11/2021) malam.

Perempuan yang akrab disapa Risma ini juga menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan santunan bagi keluarga korban meninggal dunia bencana banjir bandang tersebut.

"Untuk yang meninggal dunia, diberikan santunan Rp 15 juta untuk setiap ahli waris. Selain itu, kami juga memberikan santunan Rp 5 juta untuk korban luka berat, dan Rp 2 juta untuk korban luka ringan," terangnya.

Risma mengungkapkan, Kementerian Sosial melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah melakukan pendataan dan asesmen para penyintas bencana.

Baca juga: Kondisi Vanessa Angel Pertama Kali Ditemukan usai Kecelakaan, Tubuh Bibi Andriansyah Terjepit Mobil

"Tagana juga membantu mengevakuasi warga, dari lokasi yang kurang aman ke lokasi yang lebih aman. Selain itu, Tagana juga telah menyalurkan bantuan logistik, untuk memastikan masyarakat terdampak bencana tercukupi kebutuhan dasarnya," tandasnya.

Sementara itu dari data yang didapat TribunMadura.com, beberapa bantuan dari Kemensos telah disalurkan ke Kota Batu, antara lain bantuan Kemensos dari Gudang Jawa Timur Tahap l  berupa makanan siap saji 300 paket, kids ware 20 paket, family kit 20 paket, makanan anak 60 paket.

Kemudian, bantuan Gudang Jawa Timur Tahap ll berupa makanan siap saji sebanyak 300 paket, makanan anak 120 paket, family kit 20 paket, kids ware 20 paket, matras 60 lembar, tenda gulung 50 lembar, kasur 50 lembar, dan selimut sebanyak 50 lembar.

Bantuan juga dimobilisasi dari Gudang Bekasi, berupa makanan anak sebanyak 360 paket, makanan siap saji 449 paket, family kit sebanyak 160 paket, kids ware 160 paket, peralatan dapur keluarga 50 paket, tenda gulung 200 lembar, kasur sebanyak 50 unit, dan foodware sebanyak 100 paket.

Selain itu, Kemensos juga menyalurkan bantuan logistik dari Balai Prof. Soeharso Surakarta berupa makanan anak 40 karton, peralatan dapur keluarga 10 karton, peralatan food ware 10 karton, kids Ware 5 karung, setelan anak 200 potong, kaos oblong 200 potong, tenda gulung 5 karung, matras 5 karung x 25, kasur 7 karung, sarung 100 lembar, sabun cuci 2 karton, air mineral botol 6 karton.

Melalui Balai Diklat Kemensos di Yogyakarta, juga disalurkan bantuan logistik mie instan 10 karton, air mineral 10 karton, kopi bubuk  1 karton, biskuit 2 karton, teh tubruk 1  karton, gula 50 pak, makanan anak 4  pak, supreme MB 1 dus, diapers untuk lansia 2 dus, masker 4 dus, beras 25 kantong, minyak kayu putih 1 pak, serta jamu tolak angin 3 kotak.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved