Breaking News:

Berita Surabaya

Pendaftaran Haji dan Umroh Kembali Dibuka, Kemenag Surabaya Banjir Pendaftar Ibadah ke Tanah Suci

Sejumlah calon jemaah haji mulai berbondog-bondong mendaftar guna menunaikan ibadah haji dan umroh ke Tanah Suci.

ThinkStock
Sejumlah calon jemaah haji mulai berbondog-bondong mendaftar guna menunaikan ibadah haji dan umroh 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pembukaan kembali pendaftaran haji dan umroh berdampak besar pada peningkatan jumlah orang yang mendaftar.

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya mencatat, per November 2021, sejumlah calon jemaah haji mulai berbondog-bondong mendaftar guna menunaikan ibadah haji dan umroh ke Tanah Suci.

Kasi PHU Kemenag Surabaya, Gartaman mengatakan, dari tanggal 1 sampai 11 November 2021 saja, total jumlah pendaftar sementara mencapai sekitar 111 orang.

"Tanggal 1 ada 12 orang, tanggal 2 8 orang, tanggal 3 15 orang, tanggal 4 9 orang, tanggal 5 11 orang. Kemudian tanggal 8 32 orang, tanggal 9 6 orang, tanggal 10 5 orang, dan tanggal 11 13 orang," jelasnya, Jumat (12/11/2021).

Gartaman berharap, antusiasme masyarakat ini tak sampai mengabaikan protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid 19.

"Semoga semakin lancar. Tidak ada masalah. Penyelenggara ibadah umroh dan haji mematuhi aturan yang ditetapkan," tandasnya.

Sementara itu, Plt Kakanwil Kemenag Jatim, Mohammad Nurul Huda menambahkan, keputusan membuka kembali layanan pendaftaran haji ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 38 tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM level 4, 3 dan 2 di pulau Jawa dan Bali.

"Selain itu juga berdasarkan edaran Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI tanggal 27 Agustus 2021 tentang pembukaan pendaftaran haji reguler," jelasnya.

Pria yang juga sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim ini menjelaskan karena beberapa daerah sudah mengalami penurunan status PPKM, maka pendaftaran haji bisa di buka kembali.

"Adapun pelaksanaan pendaftaran haji reguler pada Kankemenag kabupaten kota tetap diberlakukan pembatasan 50% dari kapasitas ruang tunggu dengan protokol kesehatan ketat dan dikondisikan dengan level daerah setempat," lanjutnya.

Sebagai informasi, jumlah pendaftar haji per 01 September ada 1.033.857 pendaftar, dengan masa tunggu 32 tahun.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved