Breaking News:

Berita Pamekasan

Wisatawan Luar Borong Produk Lokal Terutama Camilan di Wamira Mart

sejak dibukanya Wamira Mart dalam sepekan terakhir ratusan produk lokal Pamekasan ludes terjual. 

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Suasana keramaian Wamira Mart di Jalan Jokotole, Kabupaten Pamekasan, Madura. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Keberadaan Warung Milik Rakyat (Wamira) Mart yang didirikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, untuk memfasilitasi pemasaran produk lokal sangat membantu para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Kasir Wamira Mart di Jalan Jokotole Pamekasan, Nurul Hidayat mengatakan, sejak dibukanya Wamira Mart dalam sepekan terakhir ratusan produk lokal Pamekasan ludes terjual. 

Sebagian besar produk lokal yang terjual itu adalah camilan.

"Setiap hari pengunjungnya tidak menentu, tetapi yang paling banyak di hari pertama karena saat itu peserta MTQ (musabaqoh tilawatil qur'an) belum pulang. Kalau hari-hari biasa, puluhan (pengunjung)," kata Nurul Hidayat saat ditemui TribunMadura.com di Wamira Mart Jalan Jokotole, Kamis (18/11/2021).

Adapun pengunjung Wamira Mart sejauh ini sebagian besar merupakan wisatawan atau orang luar Pamekasan untuk membeli oleh-oleh ke kampung halamannya. 

Baca juga: Manfaat Hadirnya Wamira Mart Dirasakan Warga Pamekasan, Fasilitator Ungkapkan Hal Ini

Bahkan terkadang, wisatawan yang belanja tidak ragu  untuk merogoh kocek dalam-dalam.

"Ada kemarin pengunjung dari Banjarmasin itu belanja untuk oleh-oleh. Ya, pengunjungnya rata-rata ibu-ibu dan wisatawan dari luar," ujarnya.

Menurut dia, adanya Wamira Mart sangat membantu terhadap peningkatan ekonomi para pelaku wirausaha baru (WUB) atau para pelaku UMKM lainnya lantaran sebelumnya tidak ada fasilitasi pemasaran dari pemerintah. 

Apalagi, Wamira Mart gagasan Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam tersebut sebanyak 70 persen diisi oleh produk WUB atau UMKM, sisanya produk non Pamekasan.

"Sangat membantu bagi pegiat UMKM rumahan dalam memasarkan produknya. Mereka punya akses untuk menjual produknya, sehingga ekonominya tambah meningkat," ungkapnya.

Salah satu camilan khas Pamekasan yang selama ini paling laris diantaranya teri krispi, lorjuk, dan kripik tette. 

Camilan ini rata-rata dibeli oleh orang luar atau wisatawan saat berkunjung ke bumi Gerbang Salam.

"Kami berharap Wamira Mart ini terus berkembang, dengan demikian penjualan produk lokal juga akan meningkat," harap pria yang akrab disapa Dayat tersebut.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved