Usai Erick Thohir Beri Teguran Pertamina, Kini Pakai Toilet di SPBU Kini Gratis, Simak Kronologinya

Teguran juga diberikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir terkait masih berbayarnya toilet pada SPBU-SPBU Pertamina

Editor: Aqwamit Torik
TRIBUNMADURA.COM/DANENDRA KUSUMAWARDANA
Fasilitas toilet di SPBU Probolinggo KM 19 tepatnya di Jalan Raya Lumajang, Desa Malasan Kulon, Kecamatan Leces sudah gratis, Selasa (23/11). 

TRIBUNMADURA.COM - PT Pertamina (Persero) kini menggratiskan penggunaan toilet di seluruh SPBU mereka.

Langkah ini diambil pasca mendapatkan kritikan dari berbagai pihak.

Selain itu, teguran juga diberikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir terkait masih berbayarnya toilet pada SPBU-SPBU yang berada di bawah perusahaan.

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan, pihaknya akan mengingatkan kembali para pemilik SPBU yang bekerja sama dengan Pertamina terkait layanan akses toilet gratis, termasuk dalam hal kebersihan toilet tersebut.

“Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU,” kata Irto dalam keterangannya yang diterima, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Geram Disebut Tak Mempan, Pawang Hujan di WSBK Mandalika ini Laporkan Akun Medsos ke Polisi

"Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, tidak hanya layanan BBM namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis, serta memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya,” tambah dia.

Sebelumnya, dalam unggahan video di Instagram resminya, Erick nampak sedang berada di salah satu SPBU Pertamina.

Ia berbincang secara langsung dengan penjaga toilet SPBU, yang mengaku mengenakan bayaran sebesar Rp 2.000 untuk buang air kecial dan Rp 4.000 untuk mandi.

Menanggapi hal itu, Erick mengatakan, toilet di SPBU merupakan fasilitas umum yang seharusnya gratis. Ia bilang, keuntungan yang didapat dari pemilik SPBU sudah diperoleh dari penjualan BBM serta penyewaan lahan untuk toko-toko.

Tagihan itu dinilai masyarakat sebagai pungutan liar (pungli) dan tidak bersifat sukarela.

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki, dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina juga toiletnya enggak boleh bayar. Harus gratis," ujarnya seperti dikutip dalam postingan akun Instagram resminya @erickthohir, Senin (22/11/2021).

Pada postingan berupa video tersebut, Erick nampak sedang berada di salah satu SPBU Pertamina.

Ia berbincang secara langsung dengan penjaga toilet SPBU, yang mengaku mengenakan bayaran sebesar Rp 2.000 setiap kali penggunaan toilet.

Menurut petugas tersebut, ia hanya bekerja sesuai arahan atasannya, sehingga tak tahu terkait boleh atau tidaknya mengenakan tarif bagi pengguna toilet di SPBU.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved