Breaking News:

Berita Surabaya

Respons Surat Perintah Rais Aam PBNU, PWNU Jatim Segera Gelar Rapat Bahas Persiapan Muktamar NU

PWNU Jatim bakal menggelar rapat sebagai tindaklanjut atas surat perintah yang dikeluarkan Rais Aam PBNU perihal Muktamar NU.

ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam mengajukan surat non aktif dari kepengurusan di Kantor PWNU Jatim, Rabu (14/10/2020) 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dalam waktu dekat, PWNU Jatim bakal menggelar rapat sebagai tindaklanjut atas surat perintah yang dikeluarkan Rais Aam PBNU perihal Muktamar NU.

Sebelumnya, Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar mengeluarkan surat perintah jika pelaksanaan Muktamar NU ke-34 dimajukan, yaitu bakal digelar 17 Desember 2021 mendatang.

Berdasarkan penjelasan Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Abdussalam Shohib, pihaknya memang berencana bakal menggelar rapat.

"Kita nanti akan rapat untuk merespon perkembangan dari dawuh Rais Aam. Tapi secara AD/ART memang Rais Am itu kan komando tertinggi di Nahdlatul Ulama," kata Gus Salam, sapaan karib KH Abdussalam Shohib, Jumat (26/11/2021).

Menurut Gus Salam, secara aturan keorganisasian Rais Am PBNU merupakan komandan tertinggi dalam organisasi tersebut. Sehingga, surat keputusan yang dikeluarkan harus diamankan dan dijalankan.

"Jadi, apa yang disampaikan sudah menjadi perintah dan harus diamankan oleh kita semuanya," terang Gus Salam menambahkan.

Baca juga: Muktamar NU ke-34 Digelar pada 17 Desember 2021, PWNU Jatim Nyatakan Siap Sukseskan Pelaksanaannya

Sejauh ini, kata Gus Salam, pihaknya terus konsisten pada apa yang menjadi hasil keputusan dari forum Munas Konbes beberapa waktu lalu. Dimana Muktamar, diharapkan digelar pada tahun 2021.

Berdasarkan hasil kesepakatan itu, jika ditemui kendala perihal pelaksanaan maka diserahkan pada keputusan PBNU. Pihaknya, juga sudah mendapat informasi jika sebelumnya PBNU telah melakukan rapat.

"Segera kita akan melakukan rapat. Dan arahnya, mestinya karena kita sudah terbiasa konsisten dengan hasil keputusan ya kita akan teguh," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepastian tanggal penyelenggaraan muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU), akhirnya menemui titik terang. Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, telah menerbitkan Surat Perintah.

Isinya memerintahkan panitia agar segera mengambil langkah-langkah terukur untuk menyelenggarakan muktamar pada tanggal 17 Desember 2021.

Surat Perintah ini menjadi dasar dan pijakan bagi PBNU lewat panitia pengarah dan panitia pelaksana untuk mempercepat pelaksanaan muktamar dari tanggal yang ditetapkan sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, kombes dan munas beberapa bulan lalu di Jakarta telah menyepakati bahwa muktamar ke-34 NU akan diselenggarakan tanggal 23 hingga 25 Desember 2021 di Lampung.

"Surat Perintah ini ada latar belakangnya. Tidak ujug-ujug," kata Ketua PBNU, Saifullah Yusuf, Jum'at (26/11/2021) di Jakarta.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved