Breaking News:

Berita Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Sebut Betonisasi Jalan Akan terus Berlanjut di Tahun 2022

Menurut Gus Muhdlor, panggilan Ahmad Muhdlor, betonisasi memang sudah menjadi keharusan untuk menanggulangi permasalahan jalan rusak karena Sidoarjo

Penulis: M Taufik | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/ M TAUFIK
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor keliling menggunakan sepeda memantau betonisasi jalan. 

TRIBUNMADURA.COM, SIDOARJO - Pembangunan 25 ruas jalan menggunakan beton di Sidoarjo tahun ini ditarget rampung akhir tahun. Berikutnya, betonisasi sejumlah ruas jalan lainnya bakal berlanjut di tahun 2022.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menyebut, jumlah ruas jalan yang bakal dibeton tahun depan bakal lebih banyak dibanding tahun ini.

Menurut Gus Muhdlor, panggilan Ahmad Muhdlor, betonisasi memang sudah menjadi keharusan untuk menanggulangi permasalahan jalan rusak karena Sidoarjo merupakan daerah delta yang diapit banyak sungai.

Selain itu, potensi air laut pasang atau banjir rob yang  rutin terjadi saat masuk musim penghujan menyebabkan jalan aspal banyak yang rusak dan berlubang.

"Setiap tahun anggaran yang dikeluarkan pemkab Sidoarjo untuk perbaikan jalan cukup tinggi, karenanya betonisasi jadi solusi untuk masalah ini. Tahun 2021 ada 25 ruas jalan yang kita beton, dan tahun depan betonisasi akan lebih masif lagi. Kita upayakan lebih banyak lagi ruas jalan yang dibeton," ujar Muhdlor di sela mendatangi lokasi proyek betonisasi di Desa Sugihwaras Kecamatan Candi, Minggu (28/11/2021).

Baca juga: Terpeleset saat Ambil Sandal, Bocah Sidoarjo Hilang Semalaman, Tubuhnya Ditemukan di Sungai

Bupati menyebut, rusaknya jalan aspal mengakibatkan terhambatnya mobilitas masyarakat, jalan rusak juga menjadi salah satu penyebab potensi pengendara terjatuh, terutama kendaraan roda dua.

Ia menambahkan, meluapnya air sungai dan jalan yang tidak dilengkapi drainase menjadi sebab rusaknya jalan aspal. Oleh sebab itu Bupati alumni Fisip Unair menginstruksikan ke Dinas PU BM SDA agar setiap membuat perencanaan proyek jalan betonisasi harus dilengkapi drainase.

"Setiap tahun selalu ada perbaikan jalan aspal yang rusak. Penyebabnya karena terkena genangan air. Ini yang menyebabkan anggaran pemeliharaan jalan sangat besar di Sidoarjo. Perlahan tapi pasti kita akan potong itu, dan secara bertahap kita akan perbaiki jalan-jalan di Sidoarjo agar lagi dengan perbaikan yang berbeda, yang sebelumnya aspal berganti menjadi menjadi beton," katanya.

Terutama jalan di daerah yang sering terjadi genangan air akan dipercepat perbaikan jalan beton.

"Bukan untuk apa-apa dan untuk siapa, tapi semua untuk warga Sidoarjo agar mendapatkan pelayanan fasilitas transportasi yang memadai," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved