Breaking News:

Mau Memelihara Ikan di Aquarium? Jangan Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Menyesal Nanti

Selain itu banyak manfaat dalam memelihara ikan dari mengurangi tingkat stres, meningkatkan fokus, sampai menunjang kreativitas

Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA/KUKUH KURNIAWAN
ilustrasi - Peternak ikan hias jenis guppy asal Sidoarjo, Iwan Kurniawan saat menunjukkan ikan hias yang dibudidayakannya. 

TRIBUNMADURA.COM - Bagi para pemula yang ingin memelihara ikan di aquarium tidak ada salahnya menyimak artikel ini. Memelihara ikan di dalam akuarium perlu kesabaran dan ketelitian. 

Selain itu banyak manfaat dalam memelihara ikan dari mengurangi tingkat stres, meningkatkan fokus, sampai menunjang kreativitas.

Namun, saat memelihara ikan di aquarium, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan tidak boleh dilakukan dalam merawatnya.

Dilansirmelalui Kompas.com berikut tiga hal yang tidak boleh dilakukan saat memelihara ikan di aquarium

1. Terlalu terburu-buru mengisi aquarium

Ketika memiliki akuarium baru, kamu ingin buru-buru mengisinya dengan air, tanaman air, serta berbagai hiasan akuarium. Namun, hindari melakukan hal tersebut karena aquarium harus dikarantina selama beberapa hari pertama.

Diperlukan lingkungan biologis khusus yang cocok agar kehidupan ikan dapat terbentuk. Isi akuarium dengan air yang sebelumnya melewati filter khusus serta letakkan tanaman dan tempat berlindung untuk ikan nanti. 

2. Banyak Mengisi ikan secara langsung

Kebanyakan orang akan mengisi akurium dengan banyak ikan sekaligus. Padahal, hal ini tidak boleh dilakukan. Sebab, dalam waktu singkat, akan ada terlalu banyak produk limbah di dalam air aquarium, yang akan berdampak buruk pada ikan

3. Memberi Makan Berlebihan

Memberi makan secara berlebihan Memberi makan adalah salah satu dari banyak cara menunjukkan kasih sayang pada ikan di akuarium.

Meski terlihat positif, cara ini nyatanya bisa menyebabkan ikan stres dan obesitas. Selain itu, memberi makan ikan di akuarium secara berlebihan juga dapat memburuk kualitas air. Makanan yang tersisa atau yang tidak dimakan ikan akan mulai membusuk juga melepaskan racun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved