Breaking News:

Gunung Semeru Erupsi

Polda Jatim Gelar Patroli Antisipasi Penjarahan di Rumah Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Manakala diperlukan bantuan untuk mengakses suatu wilayah yang tidak bisa terjangkau oleh masyarakat, anggota yang bertugas di lapangan siap melayani

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Samsul Arifin
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Saat anggota Ditsamapta Polda Jatim patroli berkeliling menjaga aset benda milik warga yang mengungsi, seraya mencari korban hilang di kawasan Curah Koboan, Lumajang, Jatim. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Tidak cuma melakukan proses pencarian terhadap para korban hilang, Polda Jatim juga berpatroli untuk melakukan pengamanan mengantisipasi penjarahan.

Ratusan anggota Ditsamapta Polda Jatim yang diberangkatkan ke kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang, sejak Sabtu (4/12/2021) kemarin, juga melakukan patroli rutin di sekitar rumah-rumah warga terdampak.

Kasubdit Gasum Ditsamapta Polda Jatim AKBP David mengatakan, segala bentuk upaya yang dilakukan oleh personelnya itu, bertujuan mengantisipasi adanya insiden penjarahan.

Sebuah aksi kriminalitas terselubung ataupun secara terbuka memanfaatkan kelengahan masyarakat karena situasi genting tertentu seperti bencana, untuk mengambil harta benda milik orang lain tanpa izin.

"Namun sampai saat ini tidak ada laporan adanya barang hilang maupun sebagainya," ujarnya, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: UPDATE Korban Erupsi Gunung Semeru Bertambah Jadi 30 Orang Mayoritas Pekerja Tambang Tertimbun Tanah

Menurut David, menginjak hari ketiga pascaerupsi, sebagian besar warga terdampak sudah mengevakuasi barang miliknya dan hewan ternak.

"Hambatan kami pertama yaitu medan menuju tempat pertolongan warga, karena jalan berlumpur, terlebih banyak warga yang lalu lalang," tambahnya.

Ia berharap, masyarakat tidak perlu khawatir akan aspek keamanan harta benda yang ditinggalkan selama mengungsi.

Selain itu, David juga mengimbau warga tidak perlu sungkan dalam meminta bantuan dan pertolongan kepada anggota kepolisian.

Manakala diperlukan bantuan untuk mengakses suatu wilayah yang tidak bisa terjangkau oleh masyarakat, anggota yang bertugas di lapangan siap untuk memberi pelayanan. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved