Berita Jawa Timur

Bantu Korban Bencana, Para Relawan Penanggulangan Bencana PKS Jatim Dibekali Kemampuan Mumpuni

DPW PKS Jatim menggelar kegiatan Latsar relawan penanggulangan bencana di Magetan selama 4 hari.

Dok PKS Jatim
Ketua DPW PKS Jatim saat hadir dalam kegiatan latsar yang digelar di Magetan. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - DPW Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur ( PKS Jatim ) menggelar kegiatan Latsar relawan penanggulangan bencana.

Acara yang dipusatkan di Magetan ini digelar guna peningkatan kemampuan relawan PKS Jatim untuk terjun, termasuk saat ada bencana.

Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan mengatakan, peningkatan kemampuan ini menjadi penting. Terutama, saat situasi bencana.

"Insya Allah kita akan terus meningkatkan kemampuan relawan PKS dalam melayani masyarakat saat mendapat musibah bencana," kata Irwan, Minggu (19/12/2021).

Kegiatan Latsar relawan penanggulangan bencana ini diikuti oleh ratusan peserta.

Mereka merupakan perwakilan dari Bidang Kepanduan dan Organisasi dari seluruh kabupaten/kota dari seluruh Jawa Timur.

Selama empat hari, mulai Kamis hingga Minggu, mereka mendapat materi terkait bagaimana saat terjun dalam situasi bencana. Termasuk, ketika evakuasi dan sebagainya.

"Relawan adalah seorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan dan kepedulian untuk bekerja secara sukarela dan ikhlas dalam upaya penanggulangan bencana," ungkapnya.

Irwan meminta semua anggota kepanduan untuk segera menyiapkan anggotanya. Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan bisa segera berangkat.

Politisi yang pernah menjadi anggota DPRD Jatim tersebut mengungkapkan, berdasarkan data, ada sejumlah daerah yang terbilang rawan bencana. Misalnya, bencana banjir dan longsor.

Menurut Irwan, ketika bencana melanda, jajarannya itu harus langsung bergegas untuk turun. Secepatnya harus membantu. Dalam berbagai situasi, visi kemanusiaan yang menjadi yang utama.

"Semua masyarakat Jawa Timur harus kita layani, terlebih yang sedang tertimpa musibah. Paling lambat 24 jam setelah ada bencana, PKS harus sudah hadir memberi bantuan. Seminim apapun bantuan kita, akan sangat berarti bagi mereka," terangnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved