Breaking News:

Berita Jember

BPBD Imbau Warga Waspada Angin Kencang di Kawasan Jember, Jangan Berteduh di dekat Pohon Rapuh

angin kencang berhembus sejak pagi, Warga di sejumlah kecamatan melaporkan angin kencang itu, seperti di Kecamatan Patrang, Sumbersari, juga Kaliwates

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Samsul Arifin
Istimewa via Wartakotalive.com
ILUSTRASI angin 

TRIBUNMADURA.COM, JEMBER - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mengingatkan masyarakat mewaspadai angin kencang dan puting beliung. Apalagi Selasa (21/12/2021) ini angin kencang melanda sejumlah kawasan Jember

Dari pantauan Surya, angin kencang berhembus sejak pagi. Warga di sejumlah kecamatan melaporkan angin kencang itu, seperti di Kecamatan Patrang, Sumbersari, juga Kaliwates. 

Petugas piket Pusdalops BPBD Jember melalui sejumlah alat komunikasi mengimbau warga untuk berhati-hati adanya angin kencang ini. Warga diminta tidak berteduh atau berada di dekat pohon yang rapuh atau mudah tumbang. 

Berdasarkan informasi dari BMKG, kecepatan angin di Kabupaten Jember pada Selasa (21/12/2021) mencapai 30 Km/Jam. 

Kepala BPBD Jember Sigit Akbari juga mengimbau warga berteduh di tempat aman ketika hujan deras disertai angin kencang. 

Baca juga: Berkaca pada Kejadian Gempa di Jember, BMKG Ingatkan Pentingnya Konstruksi Bangunan Tahan Gempa

"Memang beberapa hari ini angin kencang melanda, sejak Hari Minggu (19/12/2021) kemarin, bahkan sampai ada yang meninggal dunia karena tertimpa pohon. Jadi kalau ada angin kencanh, sebisa mungkin menjauh dari pohon yang mudah tumbang," ujar Sigit, Selasa (21/12/2021). 

Warga juga diminta mengetahui kondisi rumahnya. Jika bangunan yang ditempati rawan rusak akibat angin kencanh, maka sebaiknya mencari tempat lebih aman. 

"Juga kalau ada pohon tinggi, dan rawan tumbang di sekitar rumah, sebaiknya dipangkas," imbuh Sigit. 

Pihak BPBD bersama instansi terkait juga memangkas sejumlah pohon yang rawan tumbang di tepi jalan. Beberapa pekan terakhir, petugas dari Pemkab Jember memang terlihat memangkas ranting pohon di tepi sejumlah ruas jalan di Jember

Angin kencang, dan angin puting beliung memang sudah melanda beberapa kawasan di Jember selama tiga hari terakhir. 

Minggu (19/12/2021) lalu, angin puting beliung menyebabkan 166 pohon tumbang di tiga kecamatan yakni Gumukmas, Puger, dan Umbulsari. Pohon tumbang itu juga merusak rumah. Akibatnya 93 rumah rusak. 40 gudang penyimpanan juga roboh. Juga satu orang meninggal dunia karena tertimpa pohon. 

Sedangkan pada Senin (20/12/2021), serumpun barongan bambu di Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat ambruk melintang ke jalan. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved