Breaking News:

Masih Suka Stalking Media Sosial Mantan?, Ini Istilahnya, Ternyata Ada Dampak dalam Kehidupan Sosial

Keberadaan mereka tidak jelas, terkadang muncul dan hilang secara tiba-tiba. Dalam hubungan asmara, memutus kontak tiba-tiba sering terjadi

Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/AYU MUFIDAH KS
ilustrasi media sosial dalam ponsel 

TRIBUNMADURA.COM - Masih suka stalking media sosial mantan?, Mulai saat ini coba hindari kebiasaan tersebut. 

Sebab, ada dampak dalam kehidupan sosial

Terkadang setelah putus, mantan masih suka menguntit di media sosial seperti berkomentar dan menyukai postinganmu? Mantan yang masih menguntit media sosialmu itu disebut sebagai orbiting.

Dalam bahasa Inggris, orbiting berarti mengorbit atau peredaran. Orbiting terjadi ketika seseorang, baik mantan atau teman, memutus kontak denganmu tetapi masih sering berkomunikasi lewat media sosial. Tidak hitam dan tidak putih.

Keberadaan mereka tidak jelas, terkadang muncul dan hilang secara tiba-tiba. Dalam hubungan asmara, memutus kontak tiba-tiba sering terjadi karena alasan bosan atau ingin menghilang sebentar. Tentu saja sikap tersebut membuat sakit hati karena menghilang tanpa alasan, tetapi tiba-tiba terhubung lewat media sosial.

Baca juga: Ada 3 Langkah Mudah untuk Memperbaiki Hubungan Setelah Berbuat Salah pada Pasangan

Sudah menjadi sifat alamiah manusia untuk ingin tahu tentang kehidupan orang lain, salah satunya mantan yang ingin tahu kabarmu saat ini. Orbiting juga memungkinkan kamu terhubung kembali dengan mereka karena aktif untuk berkomunikasi lewat media sosial.

Dampak orbiting Seperti yang dilansir dari Kompas.com melalui via NBC News, orbiting dapat memengaruhi seseorang secara emosional bahkan jika kamu tidak menyadarinya. Dampaknya meliputi:

1. Pesan campuran yang membingungkan

Apabila kamu baru saja berpisah dan emosi masih memuncak, orbiting dapat memiliki implikasi yang membingungkan dan membuat frustrasi. Beberapa saat kamu merasa tersanjung karena mereka memerhatikanmu, tetapi di sisi lain kamu merasa sakit hati karena sudah memutus kontak. Orbiting dapat membuatmu merasa dia masih tertarik dan mendorongmu juga untuk ingin tahu bagaimana kehidupan mereka saat ini.

2. Menciptakan bias dan prasangka

Saat kamu mengetahui bahwa dia menyukai postinganmu, kamu menciptakan bias secara tidak sadar bahwa mereka kasihan padamu. Ya, suka karena kasihan. Padahal itu terjadi di media sosial, tetapi dapat menimbulkan prasangka negatif yang membuatmu rendah diri. Orbiting juga berkaitan dengan perasaan ragu-ragu, apakah sang mantan benar-benar peduli atau hanya lewat saja di media sosialmu.

Baca juga: Ini 5 Zodiak yang Sensitif Terhadap Urusan Asmara dan Selalu Ingin Jadi Pusat Perhatian

3. Susah move on

Setelah kamu menetapkan batasan untuk tidak terhubung lagi, tetapi mereka kembali lagi dan membuat pikiran goyah. Jika kamu tidak peka dengan batasan, akibatnya kamu mudah terlena dan bahkan melewati batas itu agar terhubung kembali. Kamu merasa ragu-ragu, namun merasa ingin tahu kabarnya karena mereka aktif beredar di sekelilingmu.

Jika masih ada perhatian untuk sang mantan, kamu akan kesulitan untuk move on atau sembuh dari sakit hati setelah putus cinta. Kawan Puan, itulah penjelasan tentang istilah percintaan yaitu orbiting beserta dampaknya. Jika Kawan Puan mengalami orbiting oleh mantan, ada baiknya kamu mengambil sikap agar jalanmu ke depan tidak bimbang ya!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mantan Pacar Suka Menguntit Media Sosialmu? Kenali Apa Itu Orbiting"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved