Breaking News:

Berita Surabaya

Bursa Ketua IKA PMII Jatim Diisi Nama-nama Mentereng, Pengamat Politik Unair Katakan Ini

Selain nama Sadad, juga muncul nama politisi PKB yang juga Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Termasuk, nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Samsul Arifin
Bursa Ketua IKA PMII Jatim Diisi Nama-nama Mentereng, Pengamat Politik Unair Katakan Ini
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya Fahrul Muzaqqi

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Jelang gelaran Muswil, bursa calon ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Jawa Timur (IKA PMII Jatim) semakin mencuat. Sejumlah nama tokoh beken saat ini terus beredar disebut-sebut potensial memimpin organisasi tersebut.

Sejauh ini dari isu yang berkembang, bursa calon diisi mulai kalangan politisi bahkan hingga kepala daerah di Jawa Timur. Misalnya nama Anwar Sadad, Wakil Ketua DPRD Jatim yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur.

Selain nama Sadad, juga muncul nama politisi PKB yang juga Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Termasuk, nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa disebut juga muncul di bursa.

Bahkan, baru-baru ini nama Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak juga mencuat disebut memiliki peluang untuk memimpin IKA PMII Jatim pada Muswil yang rencana bakal berlangsung pekan depan.

Pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya Fahrul Muzaqqi menganggap masuknya sejumlah figur dalam bursa adalah hal yang lumrah dalam sebuah suksesi. Apalagi, IKA PMII Jatim merupakan organisasi yang patut diperhitungkan.

Baca juga: PMII Jatim Diklaim Capai Masa Keemasan di Berbagai Bidang, Ini Kata Keponakan Menkopolhukam RI

"Saya rasa ini merupakan hal wajar," kata Fahrul saat dikonfirmasi dari Surabaya, Rabu (5/1/2022).

Kalaupun dikait-kaitkan dengan kepentingan figur di kontestasi 2024 juga dinilai hal yang wajar. Sebab menurut Fahrul, pesta demokrasi yang akan berlangsung dua tahun mendatang merupakan arena bebas. Sehingga kemunculan figur politisi dalam bursa menjadi hal wajar.

Fahrul yang diketahui juga alumni PMII ini menyebut, secara prinsip, figur yang didambakan menjadi pemimpin organisasi itu harus memenuhi beberapa kriteria. Setidaknya ada beberapa kriteria wajib yang harus dipenuhi untuk menjadi calon pemimpin agar dapat melambungkan organisasi ini. 

Fahrul merinci, sejumlah kriteria itu misalnya adalah harus memiliki integritas, track record atau rekam jejak yang mumpuni dan kapasitas atau kemampuan yang dimiliki, selain itu juga popularitas.

"Kriteria itu saling berkaitan. Jadi menurut saya itu hal penting yang bisa menjadi pertimbangan," ungkapnya menambahkan.

Sebelumnya, forum Muswil yang diantara agendanya adalah pemilihan kepemimpinan organisasi IKA PMII Jatim membuka peluang bagi seluruh anggota untuk tampil sebagai calon.

Ketua Sterring Commitee Muswil IKA PMII Jatim Yoyok Zakaria mengatakan, pemilihan tampuk kepemimpinan ini memang menjadi diantara sederet agenda dalam gelaran Muswil mendatang. 

"Semua anggota IKA PMII boleh mencalonkan sebagai ketua, semuanya boleh," kata Yoyok saat ditemui di Surabaya beberapa waktu lalu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved