Manfaat Arang untuk Tanaman, Bisa Membuat Lebih Subur, Apalagi saat Musim Hujan, Simak Caranya

Selain bermanfaat untuk pengapian ternyata arang dapat menyuburkan tanaman, Udara bisa keluar masuk secara bebas karena memiliki jutaan rongga halus

Editor: Samsul Arifin
Tribunnews.com
Arang kayu bermanfaat bagi tanaman 

TRIBUNMADURA.COM - Inilah manfaat arang untuk tanaman yang banyak belum diketahui sebagian orang. Selain bermanfaat untuk pengapian ternyata arang dapat menyuburkan tanaman

Lantas Bagaimana cara menggunakannya?, Dilansir dari Kompas.com melalui laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (17/1/2022) simak caranya. 

Manfaat arang untuk tanaman

1. Ventilasi udara

Udara bisa keluar masuk secara bebas karena arang memiliki jutaan rongga halus. Dengan demikian, akar tanaman lebih banyak dan lebih kuat serta pengangkutan makanan dari dalam tanah melalui akar menjadi lancar.

2. Media tanam

Arang dapat dijadikan sebagai media untuk menetralisir kadar air dan mengurangi racun yang diakibatkan oleh residu pupuk kimia dan kejadian lain dalam tanah. Dengan demikian, kondisi ini mampu meminimalisir serangan penyakit tanaman yang diakibatkan kelembapan dan keracunan.

Baca juga: Ini 6 Tanaman Hias yang Harganya Capai Puluhan Juta, Paling Diburu Kolektor, Berminat?

3. Tempat berkembang biak mikroorganisme

Arang menjadi tempat berkembangbiaknya mikroorganiseme karena memiliki jutaan rongga yang mewadahi perkembangbiakan. Dengan demikian, arang menjadi sebagai tempat yang ideal bagi bakteri yang menguntungkan, terutama bakteri pengurai.

4. Bahan baku pembuatan bokashi

Arang dapat dijadikan sebagai bahan tambahan untuk pembuatan bokashi. Sebab, arang mampu menekan perkembangbiakan hama dan penyakit penyerang tanaman. Sebaikanya penggunaan arang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Ketika musim hujan, sebaiknya penggunaan arang ditingkatkan sebagai salah satu penetralisir asam tanah dari air hujan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Arang untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya"

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved