Cara Merawat Kunci Motor Keyless dari Yamaha, Jangan Sampai Jatuh dari Ketinggian & Terendam Air

Kunci keyless sendiri merupakan sistem yang diperuntukan untuk menyalakan atau mematikan mesin motor tanpa menggunakan anak kunci

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Samsul Arifin
Cara Merawat Kunci Motor Keyless dari Yamaha, Jangan Sampai Jatuh dari Ketinggian & Terendam Air
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Ilustrasi penggunaan Remote Keyless pada motor Yamaha.

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Memasuki era 5.0, industri otomotif pun ikut berkembang. Penggunaan sistem kunci keyless kini diterapkan di motor-motor edisi terbaru.

Kunci keyless sendiri merupakan sistem yang diperuntukan untuk menyalakan atau mematikan mesin motor tanpa menggunakan anak kunci.

PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ sudah menerapkan sistem ini pada motor keluaran terbaru nya seperti Freego, Lexi, Aerox S Version, Aerox Abs/Connected, Nmax Abs/Connected, Xmax, dan Tmax.

Fitur ini mengurangi resiko kunci patah karena hanya membutuhkan remote atau yang disebut Smart Key System (SKS).

“Selain menawarkan kepraktisan dan teknologi yang lebih canggih, penggunaan  SKS ini juga akan lebih aman. Oleh karena itu, SKS perlu dirawat agar memiliki performa yang prima” Ujar Dwi Suwanto selaku Instruktur Service Yamaha STSJ, Senin (31/1/22).

Baca juga: Resmi Mengaspal, Yamaha Fazzio Tawarkan Berkendara Modis dengan Tampilan Klasik, Harga Terjangkau

Berikut penjleasan dari Dwi terkait cara merawat SKS yang benar:

1.  Hindari bantingan atau jatuh dari ketinggian pada kunci keyless, karena terdapat sistem elektronik pada kunci keyless. Penekanan berlebih juga dapat menimbulkan kerusakan.

2. Hindari remote terendam air, walaupun sudah memiliki karet pelindung namun kunci keyless tidak waterproof. Air yang masuk ke sela-sela berpotensi menimbulkan kerusakan.

3. Ganti baterai remote yang asli bukan dengan yang aspal. Hal ini guna menjaga performa remote tetap dalam kondisi yang baik.

"Terpenting untuk diketahui pulaz bahwa remote akan terhubung dengan motor jika berada dalam radius 80 cm. Jika remote tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, lebih baik dimatikan sebab dalam jarak tertentu remote akan terus mengirim signal dan terhubung dengan receiver (smart control unit)," imbuhnya.

Jika dalam suatu kondisi remote tidak dapat terhubung, lanjutnya, maka pastikan konsumen melakukan pengecekan kondisi remote dalam keadaan on atau off atau cara lainnya adalah dengan melakukan pengecekan baterai remote dengan cara menggunakan answer back berjarak 5 meter dan cek apakah terdapat kedipan lampu indikator keyless di speedometer.

Apabila seluruh indikator dalam kondisi normal namun remote belum bisa berfungsi, konsumen dapat menggunakan mode darurat yaitu dengan menghidupkan motor tanpa menggunakan remote. Cukup dengan memasukan kode pin yang terletak di plastik remote.

Sekadar informasi pula, masih kata Dwi, pin bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh pemilik kendaraan.

"Oleh karenanya, konsumen juga bisa menghubungi bengkel Yamaha terdekat untuk meminta bantuan dengan cara menghubungi CS Yamaha STSJ di 08228 - 7777 - 898," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved