Bagi Pengguna iPhone harus Tahu dan Berhati-hati, Data Bisa Bocor di 10 Aplikasi Ini

Dari 10 aplikasi media sosial populer yang ada di iOS, TikTok milik ByteDance dan YouTube milik Google disebutkan menjadi aplikasi yang paling banyak

Editor: Samsul Arifin
https://www.techradar.com/
HP iPhone Terbaru 

TRIBUNMADURA.COM - Bagi anda pengguna iPhone sebaiknya menyimak artikel ini, sebab data anda digunakan untuk beberapa tujuan, seperti kebutuhan iklan pihak ketiga, analitik, personalisasi produk, hingga "tujuan lain".

Dari 10 aplikasi media sosial populer yang ada di iOS, TikTok milik ByteDance dan YouTube milik Google disebutkan menjadi aplikasi yang paling banyak membagikan data pengguna iPhone ke pihak yang berpotensi sebagai pelacak.

Seperti dilansir dari Kompas.com menurut riset terbaru dari URL Genius, sebuah perusahaan pemasaran iklan melalui ponsel. Hasil riset URL Genius mengungkapkan, dalam satu kali kunjungan, data pengguna YouTube dan TikTok dibagikan setidaknya ke-14 jaringan (network) berbeda.

Network ini berpotensi sebagai pelacak data pengguna. Dalam kasus YouTube, aplikasi streaming video milik Google ini melakukan kontak ke 14 domain berbeda.

Mayoritas atau sebanyak sepuluh kontak dilakukan ke domain pihak pertama. Misalnya, play.googleapis.com, www.googleapis.com, www.googleadservice.com, dan lainnya. Lalu, empat kontak sisanya dilakukan ke domain pihak ketiga.

Baca juga: Kabar Baik bagi Pengguna iPhone 12 ke atas, Kini Mulai Bisa Menikmati Layanan Jaringan 5G

Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar data pribadi pengguna digunakan YouTube untuk tujuannya sendiri, sebagaimana dilansir melalui KompasTekno dari CNBC, Jumat (11/2/2022). Mulai dari melacak riwayat pencarian online, lokasi Anda, hingga untuk menayangkan iklan yang relevan kepada pengguna.

Nah, aplikasi berbagi video singkat milik ByteDance juga tercatat melakukan kontak dengan 14 network berbeda. Kebalikan dengan YouTube, mayoritas atau sebanyak 13 kontak yang dilakukan TikTok adalah ke domain pihak ketiga. Domain ini kemungkinan besar adalah pelacak yang dapat mengumpulkan data pengguna.

Selain YouTube dan TikTok, media sosial yang paling banyak membagikan data pengguna iPhone dalam satu kunjungan adalah Twitter, Telegram, LinkedIn, Instagram, Facebook, Snapchat, Messenger, dan terakhir WhatsApp.

Hasil ini diketahui setelah URL Genius memantau "aktivitas" 10 aplikasi media sosia menggunakan fitur Record App Activity yang ada di iOS versi 15.2.  Melalui Record App Activity, pengguna dapat melihat riwayat ketika aplikasi melakukan kontak atau komunikasi dengan domain tertentu.

Terkadang kontak dilakukan ke domain aplikasi itu sendiri (pihak pertama), tetapi kontak lebih sering dilakukan ke domain pihak ketiga yang diyakini untuk keperluan pelacakan. Selama kontak terjadi, tidak jelas data apa yang dibagikan dari aplikasi ke domain yang dikontak.

Yang jelas, menurut URL Genius, domain pihak ketiga yang dikontak aplikasi dapat melacak aktivitas pengguna di situs lain bahkan setelah pengguna tidak mengakses aplikasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengguna iPhone Wajib Tahu, Data Anda Disebar 10 Medsos Ini", 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved